Purwokerto (ANTARA) - Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menyiapkan semua objek wisata milik Pemerintah Kabupaten Banyumas untuk menyambut libur Lebaran 2023.

"Insya Allah semua objek wisata milik Pemkab Banyumas, baik yang kami kelola maupun yan dikelola oleh BLUD UPT (Badan Layanan Usaha Daerah Unit Pelaksana Teknis) Lokawisata Baturraden siap untuk menyambut libur Lebaran," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar Kabupaten Banyumas Wardoyo di Purwokerto, Banyumas, Senin.

Ia mengatakan objek wisata yang dikelola Dinporabudpar di antaranya Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman Karanglewas, Taman Husada Kalibacin Rawalo, Taman Rekreasi Andhang Pangrenan Purwokerto, dan Museum Wayang Banyumas.

Sementara objek wisata yang dikelola BLUD UPT Lokawisata Baturraden di antaranya Lokawisata Baturraden, Menara Pandang "Teratai", Taman Apung Maskumambang, dan Taman Botani.

Kendati demikian, dia mengakui pihaknya masih menunggu kepastian jadwal libur Lebaran 2023 guna menyusun beberapa persiapan lainnya.

"Dengan demikian, kami tinggal melakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan lainnya, baik pengamanan maupun pengaturan jalur di sekitar objek wisata, khususnya jalur menuju dan dari arah kawasan wisata Baturraden," jelasnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga tengah menyiapkan lokasi parkir di atas lahan eks hotel sekitaran Lokawisata Baturraden.

Lebih lanjut, Wardoyo mengaku optimistis kunjungan wisatawan pada libur Lebaran 2023 mengalami peningkatan seiring dengan dicabutnya kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) terkait pandemi COVID-19.

Oleh karena itu, lanjut dia, pihaknya menargetkan jumlah pengunjung Lokawisata Baturraden pada libur Lebaran 2023 mencapai 12 ribu orang per hari atau meningkat dari tahun sebelumnya rata-rata sebanyak 10.000 orang per hari.

"Namun untuk kunjungan wisatawan secara umum ke Banyumas pada tahun 2023 ditargetkan sebanyak 2,5 juta orang atau meningkat dari target tahun 2022 yang ditargetkan sebesar 1,75 juta orang dan dapat terealisasi 1,8 juta orang," katanya.

Baca juga: Banyumas-Subang berkolaborasi promosikan potensi wisata budaya
Baca juga: Ganjar: Ciptakan sesuatu yang baru dalam memasarkan pariwisata
Baca juga: Menparekraf sebut Desa Wisata Cikakak bisa jadi destinasi kelas dunia

 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023