harga daging sapi mulai mengalami kenaikan sejak sepekan terakhir
Jakarta (ANTARA) - Harga beberapa kebutuhan pokok di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur  terpantau merangkak naik menjelang bulan suci Ramadhan.

Berdasarkan pemantauan, Senin, harga daging sapi dari Rp120 ribu/kilogram menjadi Rp130 ribu/kilogram, daging ayam dari Rp30 ribu/kilogram menjadi Rp35 ribu/kilogram, cabai rawit merah dari kisaran Rp50 ribu-Rp60 ribu/kilogram menjadi Rp90 ribu/kilogram.

Sementara harga bawang merah dan telur ayam masih stabil, masing-masing di angka Rp40 ribu/kilogram dan Rp26.000/kilogram.

Salah satu pedagang daging sapi, Andi (40) mengatakan, harga daging sapi mulai mengalami kenaikan sejak sepekan terakhir.

"Dari harganya Rp120 ribu/kilogram menjadi Rp130 ribu/kilogram," kata Andi.

Dia memperkirakan harga daging sapi akan terus meningkat hingga Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Biasanya harga daging sapi beranjak turun setelah lebaran," tuturnya.

Andi mengaku banyak pembeli mengeluhkan naiknya harga daging sapi. Dia pun berharap kenaikan harga daging sapi tidak berlangsung lama karena akan berdampak dengan dagangannya.

Sementara itu, pedagang cabai, Sumarjo (45), mengatakan, harga cabai rawit merah saat ini sudah mencapai Rp90 ribu/kilogram. Padahal, sebelumnya harga berada di kisaran Rp50-60 ribu/kilogram.

"Sementara harga bawang merah masih normal, yakni Rp40 ribu/kilogram," ucapnya.

Para pedagang berharap agar pemerintah bisa menekan harga kebutuhan pokok guna meringankan beban masyarakat.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur (Pemkot Jaktim) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) DKI Jakarta melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk mengecek stok dan keamanan bahan pangan menjelang Ramadhan di lima pasar tradisional di Jakarta Timur, Kamis (9/3).

"Lima pasar tradisional itu yakni di Pasar Sawah Barat, Pondok Bambu, Ciplak dan Pasar Klender SS," kata Kepala Suku Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Sudin KUKMP) Jakarta Timur Parulian Tampubolon, dalam keterangan tertulis, di Jakarta.

Ia mengatakan, kegiatan ini untuk memastikan ketersediaan bahan pangan dan kestabilan harga pangan menjelang Ramadhan.

"Kita sudah sisir dagangan pedagang dari komoditi pertanian, perikanan dan peternakan, tadi terdapat beberapa bahan pangan alami kenaikan. Namun, kebutuhan stok masih dalam kondisi normal," kata Parulian.

Menurut dia, beberapa komoditas mengalami kenaikan harga, seperti daging ayam dari Rp35 ribu menjadi Rp38 ribu per ekor.

Kemudian, harga sayuran juga mengalami kenaikan rata-rata Rp1.000, termasuk harga cabai dan bawang yang juga naik.
Baca juga: Kementan pasok 142 ton cabai dan bawang merah ke Jakarta
Baca juga: DPRD dorong penanganan limbah saat revitalisasi Pasar Kramat Jati
Baca juga: Harga daging ayam di Pasar Kramat Jati alami kenaikan jelang Natal

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023