Jakarta (ANTARA) - SAP SE, perusahaan perangkat lunak dunia, mengumumkan kemitraannya dengan perusahaan data dan AI Collibra NV, Confluent Inc., Databricks Inc. dan DataRobot Inc. mengenalkan solusi SAP Datasphere.

"Kami ingin membantu pelanggan kami mengambil langkah selanjutnya untuk mengintegrasikan data SAP dengan data non-SAP dari aplikasi dan platform pihak ketiga dengan mudah dan percaya diri, membuka wawasan dan pengetahuan yang sepenuhnya baru untuk membawa transformasi digital ke tingkat yang lebih tinggi," kata Juergen Mueller, Chief Technology Officer dan anggota Dewan Eksekutif SAP SE dalam siaran pers pada Senin.

Baca juga: Indonesia pasar "cloud computing" potensial

SAP Datasphere memungkinkan pelanggan untuk membangun arsitektur struktur data bisnis yang dengan cepat memberikan data yang bermakna dengan konteks bisnis dan logika utuh.

Ini adalah generasi berikutnya dari solusi SAP Data Warehouse Cloud yang memungkinkan para data profesional untuk memberikan akses yang dapat diskalakan ke data bisnis yang sangat penting.

Dengan pengalaman terpadu untuk integrasi data, katalogisasi data, pemodelan semantik, pergudangan data, data federation, dan virtualisasi data, SAP Datasphere memungkinkan para profesional data untuk membantu mendistribusikan data bisnis yang sangat penting – dengan konteks bisnis dan logika yang dipertahankan – di lanskap data organisasi mereka.

SAP Datasphere dibangun di atas SAP Business Technology Platform (SAP BTP), yang mencakup kemampuan keamanan perusahaan yang kuat, seperti keamanan basis data, enkripsi, dan tata kelola.

Tidak diperlukan langkah atau migrasi tambahan untuk pelanggan SAP Data Warehouse Cloud yang sudah ada, yang akan mendapat manfaat dari fungsionalitas SAP Datasphere baru di lingkungan produk mereka.

Fungsionalitas baru mencakup pembuatan katalog data yang secara otomatis menemukan, mengelola, dan mengatur data. Replikasi data yang disederhanakan untuk mengirimkan data dan pembaruan konstannya secara real-time dan pemodelan data yang disempurnakan yang menjaga kekayaan konteks bisnis data dalam aplikasi SAP.

Kemampuan integrasi aplikasi tambahan yang menghubungkan data dan metadata dari solusi cloud dari SAP ke SAP Datasphere telah direncanakan.

Baca juga: Teknologi "cloud" bantu UMKM percepat transformasi digital

Baca juga: Manfaat Google Cloud bagi bisnis

Baca juga: Kemenkominfo pacu adopsi komputasi awan dengan tiga cara

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023