ikan hasil budidaya ini akan kami kembalikan ke alam untuk memperbanyak populasinya, mengingat ikan ini terancam punah
Depok, Jawa Barat (ANTARA) - Unit Pengelola Teknis Dinas (UPTD) Balai Benih Ikan (BBI) Kota Depok Jawa Barat, membudidayakan ikan bala shark yang didatangkan dari habitatnya di Danau Cala Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

"Mudah-mudahan hasilnya bisa sesuai dengan harapan. Karena nantinya, ikan hasil budidaya ini akan kami kembalikan ke alam untuk memperbanyak populasinya, mengingat ikan ini terancam punah," kata Kepala UPTD BBI Kota Depok Nur Hidayat di Depok, Rabu.

Saat ini UPTD BBI Kota Depok melakukan pematangan indukan, selanjutnya untuk penyuntikan, direncanakan pada bulan Mei 2023.

"Rencana penyuntikan habis lebaran,  insyaAllah. Saat ini masih tahap persiapan atau proses pematangan indukan," katanya.

Sebelumnya, kata Nur, pihaknya telah memindahkan ikan bala shark dari kolam adaptasi ke kolam kedua. Adapun jumlah indukan yaitu sebanyak 100 ekor.

Baca juga: Balai Benih Ikan Depok siapkan strategi tangani masa kempes telur

Baca juga: Dishub Depok ajukan kembali penerapan siatem satu arah Jalan Nusantara


"Dari 100 ekor ini, tidak bisa serentak matang (indukan) semua. Jadi nanti akan kami pijah lagi mana yang siap untuk disuntik," katanya

Terdapat empat indikator yang harus diperhatikan dalam proses adaptasi hingga penyuntikan yaitu suhu, pH kolam air, kandungan oksigen terlarut dan kecerahan air.

"Pakan dengan kadar protein tinggi juga kami perhatikan untuk mempercepat proses pembuahan telur," demikian Nur Hidayat.

Baca juga: Disnaker Depok latih tenaga kerja untuk tingkatkan kualitas

Baca juga: Kadin Depok sosialisasi sertifikasi halal jamin kualitas produk pangan

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023