... Kita juga merangkul Transmart untuk menjadi jaringan Bulog untuk menyiapkan beras yang SPHP maupun premium yang diproduksi Bulog
Jakarta (ANTARA) - Perum Bulog menggandeng retail modern Transmart untuk menjaga Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) jelang Ramadhan dan Lebaran dengan menyiapkan 1.000 ton beras kualitas premium.

“Sesuai dengan dengan perintah Presiden, masyarakat harus dijamin untuk kebutuhannya dan mudah mendapatkannya terjangkau dan harga yang murah. Kita juga merangkul Transmart untuk menjadi jaringan Bulog untuk menyiapkan beras yang SPHP maupun premium yang diproduksi Bulog,” kata Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso saat Ceremonial Beras SPHP di Transmart Cempaka Putih, Jakarta, Rabu.

Buwas, panggilan akrab Budi Waseso, berharap dengan kehadiran beras SPHP yang merupakan beras kualitas premium dengan harga murah sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) di retail modern dapat menekan harga beras yang masih mahal di pasaran.

“Jadi Rp47.000 itu 5 kg artinya ini berasnya kualitasnya premium kalau dengan masyarakat beli di sini lihat sendiri jadi itu yang nantinya akan juga menurunkan harga yang sekarang harga beras masih tinggi,” ucapnya.

Tidak hanya dalam rangka Ramadhan dan Lebaran, Bulog berkomitmen untuk selalu menyediakan menyediakan stok beras kualitas premium dengan harga murah tersebut di Transmart hingga sepanjang 2023.

Jika nantinya permintaan beras SPHP tersebut meningkat, Bulog pun berjanji untuk menambah stok beras agar masyarakat tidak kesulitan mendapatkannya.

Penyediaan beras SPHP juga terdapat di retail modern lainnya seperti Hypermart, Ramayana dan Indogrosir serta gerai Alfamart dan Indomaret yang akan tersedia dalam waktu dekat.

“Retail-retail itu yang sudah kerja sama dengan kita itu kita supply terus sesuai dengan permintaan dia. Jadi kita tidak membatasi kepada retail-detail justru Ini harapan saya memenuhi kebutuhan masyarakat,” jelas Buwas.

Pada kesempatan yang sama Chairman CT Corp Chairul Tanjung mengaku senang bisa menyalurkan beras murah dengan kualitas premium kepada masyarakat terutama dalam memenuhi kebutuhan pokok jelang Ramadhan.

Ia mengaku beras Bulog sangat diminati oleh masyarakat, bahkan supplier beras lain mulai menurunkan harga beras akibat permintaan beras Bulog tinggi.

“Karena demand-nya laku, yang (beras lain) ini kurang, jadi mulai menurunkan harganya. Akibatnya itu terjadi penurunan harga, ini kan mendorong penurunan inflasi yang menjadi momok negara kita. Jadi, Transmart siap menyalurkan,” katanya.

Baca juga: Presiden minta Bulog serap gabah petani sebanyak-banyaknya

Baca juga: Bapanas sebut Bulog lakukan perbaikan hadapi panen raya

 

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023