Jakarta (ANTARA) - Aktris senior Ayu Dyah Pasha mengungkapkan bahwa "The Stories Season 2: Balada Cerita Ramadhan" menandai proyek serial drama audio pertamanya dan menjadi tantangan yang baru bagi dirinya.

"Ini menarik, sih, kalau boleh cerita pengalamannya karena ini pertama kali saya terlibat di dalam audio series," kata Ayu saat konferensi pers di Jakarta, Rabu.

"Ini merupakan tantangan baru sebetulnya. Tantangan baru karena mediumnya berbeda (dibanding akting film) dan juga ekspresinya berbeda karena hanya suara saja," imbuh dia.

Menurut Ayu, dirinya mendapat tawaran dari Prambors untuk tampil di "The Stories Season 2: Balada Cerita Ramadhan" melalui anaknya sebagai penghubung yaitu Narendra Pawaka atau akrab disapa Eda yang juga merupakan penyiar di radio tersebut.

Baca juga: Drama audio "Balada Cerita Ramadhan" kembali hadir tahun ini

Ayu mengaku dirinya langsung menerima tawaran tersebut tanpa berpikir panjang, termasuk tanpa memikirkan honor yang akan didapatkan. Ini dia lakukan mengingat nama Prambors baginya sudah tak diragukan lagi, ditambah anak dan menantunya sudah lama berkarier di Prambors.

"Sebagai orang tua, kita selalu support apa yang dilakukan oleh anak-anak dan dia bekerja di mana, itu saya support, di anak saya kedua pun juga demikian," kata Ayu.

Dalam "The Stories Season 2: Balada Cerita Ramadhan", Ayu juga satu proyek dengan sang menantu yaitu Twinda Rarasati. Dia berperan sebagai Ibu Menur yang digambarkan sebagai perempuan Jawa. Menurut Ayu, pengalaman memerankan karakter serupa yang pernah dia lakoni di film sangat membantu dirinya untuk bisa mendalami peran di proyek drama audio kali ini.

"Untungnya selama main film itu pernah main jadi perempuan Jawa, perempuan Padang, jadi itu sangat membantu," kata dia.

Ayu mengaku cukup terkejut karena dirinya bersama para pemain baru mendapatkan dan membaca naskah pada saat hari pengambilan rekaman suara. Menurut Ayu, dirinya dan para pemain hanya satu kali latihan dan pada saat itu juga langsung take rekaman suara.

Baca juga: "Kamu Tidak Sendiri" buat Ayu Dyah Pasha sadar soal "inner child"

Hal tersebut berbeda dibandingkan persiapan syuting film yang membutuhkan waktu cukup lama untuk pendalaman karakter hingga tampil di depan kamera.

Meski menghadapi tantangan baru, Ayu terpacu untuk tampil lebih baik dan tidak ingin kalah dari para pemeran utama di proyek drama audio tersebut. Pada akhirnya, dia berhasil melewati dua jam rekaman suara untuk empat episode.

"Sangat terbantu sekali dengan chemistry empat PPK ini (sebagai pemeran utama), mereka itu udah keren banget, terus cast-nya pas dengan yang jadi Ale, jadi Amira, dan seterusnya," kata Ayu.

Sementara itu, Twinda mengakui bahwa dunia radio merupakan dunia yang sudah akrab bagi dirinya. Sama seperti ibu mertuanya, Twinda pun langsung menerima tawaran untuk terlibat di drama audio dari Prambors tanpa berpikir panjang.

"Semoga nanti pas sudah rilis hasilnya juga bagus dan bisa dinikmati," ujar dia.

Baca juga: Hal penting di usia pralansia bagi Ayu Dyah Pasha

“The Stories Season 2: Balada Cerita Ramadhan” akan mengikuti perjalanan persahabatan geng PPK (Para Pencari Kesetiaan) yang diperankan oleh para penyiar Prambors yaitu Bella Arswendita sebagai Ayas, Beryl Rasandavi sebagai Ares, Ralvi Nasution sebagai Ale, dan Hanny Dini sebagai Amira.

Selain Ayu dan Twinda, deretan pemeran yang baru dimunculkan dalam musim kedua ini yaitu Dwi Sasono, Umay Shahab, Della Dartian, Nino Kayam, dan Dustin Tiffani.

Drama audio ini bisa dinikmati pendengar di waktu menjelang berbuka puasa dengan durasi pendek di Prambors, Delta FM, Bahana FM, dan Female Radio. Pendengar juga bisa menikmati versi penuhnya melalui aplikasi Prambors dan website radio Delta FM, Bahana FM, dan Female Radio.

Baca juga: Berkenalan dengan para tokoh melalui "Guru-Guru Gokil Audio Series"
 

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023