Jakarta (ANTARA) - Penanggung Jawab Taiwan Education Center in Surabaya (TECSID) Yinghuei Chen menyebutkan terdapat lebih dari 7.000 mahasiswa baru yang berkuliah di Taiwan setiap tahun.

"Setiap tahun terdapat 7.000-an lebih mahasiswa baru dari Indonesia berkuliah di Taiwan di berbagai jenjang dan program studi yang ada,” katanya di Jakarta, Jumat.

Melihat antusiasme itu, Chen menuturkan pihaknya akan berusaha untuk terus mengembangkan dan menambah jumlah universitas sehingga bisa menampung mahasiswa asal Indonesia.

Selain itu, antusiasme masyarakat Indonesia untuk berkuliah di Taiwan juga ditanggapi dengan diselenggarakannya Pameran Pendidikan Taiwan atau Taiwan Higher Education Fair (THEF) di Indonesia.

Baca juga: Mahasiswa ITB STIKOM Bali berkesempatan kuliah dan magang ke Taiwan

Baca juga: Dua mahasiswa Unja terpilih ikut program kuliah di Taiwan


Pameran yang rutin dilakukan sejak 2017 tersebut memberikan ruang untuk para calon mahasiswa asal Indonesia dalam menggali informasi kuliah di Taiwan.

Meski sempat tertunda selama tiga tahun setelah pandemi, tahun ini pameran THEF kembali dihadirkan di Indonesia terutama di tiga kota, yaitu Surabaya, Yogyakarta dan Jakarta.

Di Surabaya, pameran ini diselenggarakan pada 13-14 Maret 2023 di Airlangga Convention Center (ACC), Kampus C, Universitas Airlangga sedangkan di Yogyakarta diselenggarakan pada 15-16 Maret 2023 di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Rangkaian terakhir pameran pendidikan Taiwan ini dilakukan di Jakarta yakni pada 17 Maret 2023 di Gedung B, PPM School Of Management, Menteng.

Pameran di Jakarta tersebut merupakan hasil kolaborasi Taipei Economic and Trade Office Jakarta, PPM School of Management dan Taiwan Education Center in Surabaya.

Di THEF 2023, pengunjung berkesempatan bertemu langsung dengan perwakilan resmi dari 35 universitas asal Taiwan dan berkonsultasi terkait program studi yang sesuai dengan minat dan bakat.

Selain itu, pengunjung juga bisa berdiskusi terkait tip untuk bisa diterima di berbagai universitas terkemuka di Taiwan termasuk mengenai informasi tentang cara mendapatkan beasiswa di Taiwan.

Bahkan dalam pameran THEF 2023 yang terbuka dan gratis untuk umum ini pengunjung akan disediakan berbagai hadiah menarik, e-certificate hingga beasiswa kuliah di beberapa universitas di Taiwan.

“Pameran THEF 2023 ini terbuka dan gratis untuk umum,” ujar Chen.

Chen menjelaskan mahasiswa Indonesia sangat antusias mengikuti program ini sejak kerja sama dimulai pada 2017 bahkan berbagai universitas di Taiwan turut antusias menyambut calon mahasiswa dari Indonesia.

Sementara itu, Wakil Rektor UNJ Totok Bintoro menilai program ini sangat bagus karena membuka peluang mahasiswa dan pelajar dari Indonesia untuk bisa melanjutkan pendidikan dan mewujudkan cita-citanya ke luar negeri.

"Tentu ini akan membuat pelajar kita bisa menimba ilmu lebih banyak lagi di masa depan dan mereka bisa punya pilihan yang banyak dan lebih berkelas,“ kata Totok.*

Baca juga: Politeknik Bosowa akan berangkatkan 170 mahasiswa ke Taiwan

Baca juga: 5.000 mahasiswa Indonesia terjerat praktik kuliah kerja

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023