Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur meminta peran serta masyarakat untuk menjaga kelestarian sungai agar airnya menjadi tetap bersih.

"Peran serta masyarakat menjadi salah satu poin utama dalam menjaga kelestarian sungai menjadi tetap bersih," kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq didampingi  Wakil Bupati Indah Amperawati dalam kegiatan kerja bakti bersama para warga di Kelurahan Rogotrunan Lumajang, Minggu.

Menurutnya kegiatan tersebut bertujuan untuk melestarikan lingkungan agar tetap bersih dan terjaga, utamanya aliran sungai yang berada di Kampung Baru tersebut.

"Masyarakat diimbau tidak membuang limbah atau sampah sembarangan di sepanjang aliran sungai. Saya harap masyarakat juga ikut menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah ke sungai," tuturnya.

Ia mengatakan tanggung jawab menjaga kebersihan sungai adalah tanggung jawab bersama, sehingga masyarakat harus berperan serta dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Sementara itu, Lurah Rogotrunan Ricky Dharma Putra mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresiasi atas partisipasi warga yang telah mengikuti kerja bakti di sepanjang aliran sungai Kampung Baru.

"Alhamdulillah berjalan sukses kerja bakti di kali Kampung Baru. Tadi juga dihadiri langsung oleh bapak bupati dan ibu wakil bupati untuk turun langsung meninjau keadaan sungai," katanya.

Ia mengatakan sungai tersebut sebelumnya kotor disertai dengan aliran yang dicemari pembuangan limbah, sehingga pihaknya berharap agar nantinya masyarakat bisa lebih menjaga kebersihan sungai, sehingga bisa semakin bersih dan terjaga.

"Harapannya ke depan sungai semakin bersih dan masyarakat merasa nyaman tinggal di lingkungan yang berada di sekitar sungai, kemudian airnya juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023