Saya yakin Sungailiat Triathlon 2023 akan mendapat dukungan dan antusias yang tinggi dari para atlet atau penggiat olahraga jenis ini
Sungailiat (ANTARA) - Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mulkan mengatakan kegiatan Sport Tourism Sungailiat Triathlon 2023 pada 13 Mei 2023 sebagai momentum kebangkitan sektor kepariwisataan skala global.

"Ajang sport tourism Sungailiat Triathlon 2023 yang akan diikuti oleh para atlet dalam maupun luar daerah bahkan atlet dari sejumlah negara luar menjadi bukti konkrit bangkitnya sektor kepariwisataan setelah sempat terhenti akibat sebaran COVID-19," kata Mulkan di Sungailiat, Selasa menanggapi kegiatan sport tourism Sungailiat Triathlon 2023 yang ditetapkan menjadi kalender pariwisata.

Menurut Mulkan, kegiatan itu merupakan salah satu program pariwisata yang cukup mendapat perhatian bagi atlet penggemar tiga cabang olahraga berbeda yang harus diselesaikan berurutan para peserta.

Baca juga: Sabang promosi wisata olahraga lewat lomba renang terbuka

"Saya yakin Sungailiat Triathlon 2023 akan mendapat dukungan dan antusias yang tinggi dari para atlet atau penggiat olahraga jenis ini karena dari informasi, Sungailiat Triathlon lebih dahulu digelar dibanding daerah lain di Indonesia di tahun 2023," jelas dia.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Rismy Wirra Maddona mengatakan untuk menyukseskan Sungailiat Triathlon pihaknya memerlukan persiapan yang matang.

"Banyak hal yang perlu kami persiapkan mulai, dari keamanan, lintasan peserta bahkan sampai memastikan kondisi cuaca saat berlangsungnya kegiatan tersebut," jelas dia.

Untuk menjamin kegiatan Sungailiat Triathlon 2023 berjalan aman dan lancar, kata Rismy, pihaknya menggandeng berbagai pihak seperti kepolisian, BMKG dan jasa konsultan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dilibatkan guna mengetahui kondisi gelombang air laut pada lintasan peserta saat berenang bahkan cuaca di daratan.

"Kami menginginkan Sungailiat Triathlon tidak hanya jumlah peserta yang terpenuhi sebanyak 300 atlet, namun juga mampu menarik wisatawan lain untuk ikut memeriahkan," katanya.

Rismy mengatakan Sungailiat Triathlon 2023 yang dipusatkan di kawasan wisata Tanjung Pesona akan dilengkapi bazar UMKM dari pelaku usaha masyarakat guna mendorong meningkatnya ekonomi lokal.

Informasi dari BMKG Pangkalpinang, saat pelaksanaan Triathlon pada Sabtu 13 Mei 2023 kondisi gelombang di perairan di pantai Tanjung Pesona diprediksi tenang sehingga aman bagi para atlet untuk berenang di lintasan.

Baca juga: Menparekraf apresiasi penyelenggaraan SportelRendez-vous Bali
 

Pewarta: Kasmono
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023