Pangkalpinang (ANTARA) - Kebangkitan pariwisata menjadi salah satu poin untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Oleh karena itu, berbagai upaya terus digiatkan Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI usai pandemi COVID-19 yang telah menyengsarakan sektor turisme itu.

Komitmen menggairahkan kembali pariwisata di Tanah Air itu kian digencarkan dengan melaksanakan suatu fokus kegiatan yang juga akan memberikan dampak pada sektor lainnya.

Salah satunya melalui event sport tourism, yakni Sungailiat Triathlon 2023 yang sukses diselenggarakan pada 13 Mei 2023. Itu merupakan bagian dari event sport tourism yang dilaksanakan atas komitmen dan inisiatif Pemerintah Kabupaten Bangka dengan dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI untuk memajukan pariwisata di Bumi Serumpun Sebalai.

Bertajuk Reunion And Welcome New Participants, Sungailiat Triathlon 2023 mengajak kembali para peserta yang pernah mengikuti Triathlon serta peserta triathlete baru untuk berpartisipasi dalam perlombaan sekaligus menikmati pesona pantai berpasir putih dengan birunya air laut di Kota Sungailiat Kabupaten Bangka.

Masuk dalam event kalender pariwisata Kabupaten Bangka dan Sportive 2023, ajang sport tourism itu memilih salah satu pantai andalan Kota Berteman (Bersih, Tertib, dan Aman) itu yakni Pantai Tanjung Pesona sebagai lokasi penyelenggaraan.

Dimulai sejak Matahari terbit, ajang perlombaan yang menggabungkan tiga cabang olahraga yakni renang, bersepeda, dan lari itu dihadiri dan dikutsertai langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahudin Uno.

Ia bersama dengan ratusan peserta dari luar kota hingga mancanegara terlihat bersemangat dan antusias menikmati jalannya perlombaan meski di tengah cuaca terik yang menemani.

Berdasarkan data peserta Sungailiat Triathlon 2023, sebanyak 229 peserta dengan rincian 120 peserta lokal, 107 peserta luar daerah, dan dua peserta mancanegara yaitu satu peserta dari Australia dan satu peserta dari Singapura.

Meski tak banyak, kegiatan ini berhasil menggaet dua peserta dari mancanegara. Hal itu merupakan langkah awal yang baik untuk mengenalkan pariwisata Babel kepada dunia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno yang mengikuti di kelas sprint open distance mengaku cukup menikmati tantangan Sungailiat Triathlon 2023.

"Saya cukup menikmati tantangan Sungailiat Triathlon 2023, dimulai saat berenang di pantai menghadapi gelombang kecil, kemudian melanjutkan bersepeda sejauh 20 kilometer dan hanya mampu melalui 10 kilometer," katanya.

Hal yang membuatnya terkesan sebagai peserta Sungailiat Triathlon 2023 yaitu, lintasan perlombaan yang melewati permukiman penduduk serta sambutan antusias warga saat ia melintasi.

Merasakan langsung jalannya kegiatan, Sandiaga yakin bahwa Babel sangat layak menjadi tujuan wisatawan skala nasional dan Internasional

"Acara Triathlon sudah masuk Sportive 2023 yakni sport creative dan music event internasional yang akan kita pasarkan ke dunia," katanya.

Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu menginginkan ajang yang memiliki dampak luas ini juga dapat dilakukan oleh kabupaten/kota lain, sehingga akan berdampak bagus pada promosi pariwisata di Babel.

Selain sport tourism, Bangka Belitung memiliki banyak potensi pariwisata yang dapat mencuri mata dunia. Diantaranya Tanjung Kelayang di Pulau Belitung yang telah dinobatkan pemerintah sebagai 10 Destinasi Pariwisata Prioritas (DPW) atau Bali baru, hal ini menjadi bukti bahwa keindahan pariwisata Bangka Belitung tak bisa dipandang sebelah mata.

Potensi-potensi seperti ini apabila terus digali dan dikembangkan tentunya akan menjadi prospek bagus untuk menjadikan kepariwisataan di Negeri Serumpun Sebalai bangkit dan berproses menjadi pariwisata mendunia layaknya Pulau Dewata.


Dukung kemajuan UMKM

Berbagai produk UMKM mulai dari fesyen, kerajinan, hingga kuliner meramaikan kegiatan Sungailiat Triathlon 2023. Terlihat jajaran stan UMKM yang menampilkan berbagai produk yakni anyaman yakni tikar, topi, tas, madu pelawan, produk serai, kudapan khas Bangka, kopi, wedang jahe merah, dan fesyen olahraga.

Seperti sebuah kebiasaan, ketika berwisata ke suatu daerah tak lengkap rasanya bila tanpa membeli buah tangan khas daerah itu. Keberadaan stan-stan UMKM tentunya menjadi sebuah teknik pemasaran yang dilakukan untuk menggaet potensi pembeli dan juga sebagai sebuah fasilitas yang akan memanjakan para peserta hingga pengunjung yang hadir untuk lebih mudah mencari buah tangan atau oleh-oleh untuk keluarga.

Oleh karena itu, tak heran kegiatan Sungailiat Triathlon 2023 menjadi angin segar bagi geliat UMKM khas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pelaksanaannya juga memberikan dampak yang luas bagi sektor-sektor di belakangnya.

Tak hanya sektor UMKM, sektor perhotelan, transportasi, kuliner, dan cendera mata juga terdampak dengan diadakannya Sungailiat Triathlon karena mendatangkan keuntungan dengan hadirnya wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Wydia Kemala Sari mengharapkan dengan diadakannya kegiatan Sungailiat Triathlon 2023 akan membantu ekonomi Babel bangkit, sebab tujuannya sambil mengenalkan pariwisata di Babel juga mengundang wisatawan datang dan memajukan UMKM Babel.

Event Sungailiat Triathlon 2023 selain mendukung geliat pariwisata di Babel juga demi kemajuan sektor-sektor pendukung kepariwisataan, dengan memberikan wadah bagi pelaku usaha untuk mempromosikan dan menjual produknya akan membantu mereka untuk membangkitkan kembali perekonomian.

Ajang olahraga, sekali lagi, membuktikan tidak hanya menyehatkan warga dan memacu prestasi atlet, tapi lebih dari itu mampu memberi tetesan kesejahteraan bagi banyak orang.



Editor: Achmad Zaenal M

 

Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2023