Zakat diharapkan dapat mengentaskan kemiskinan, pengangguran dan men-support bantuan bencana dan menghilangkan pengangguran dan tidak berputar pada sebagian orang
Jakarta (ANTARA) - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang Imam Taufiq meraih penghargaan sebagai Cendekiawan Muslim Pendukung Zakat Sejahterakan Umat dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI.

Penghargaan diserahkan dalam acara Baznas Award 2023 di Jakarta, Selasa, yang diberikan langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dan Ketua Baznas RI Noor Achmad.

"Capaian ini bukan semata-mata untuk pribadi saya, tapi untuk masyarakat. Khususnya UIN Walisongo yang telah bersama-sama menjadi kampus yang menguatkan gagasan kita dan berbagai macam program dari literasi dan pengoptimalan zakat," ujar Imam di Jakarta, Selasa.

Imam mengatakan pengelolaan zakat merupakan tanggung jawab semua masyarakat muslim. Zakat tidak hanya untuk pembersih diri, namun menjadi fungsi sosial dan kemasyarakatan dan pengelolaan berkeadilan.

Zakat, kata dia, mampu menjadi instrumen dalam upaya pengentasan masyarakat miskin, pengangguran, mendukung bantuan bencana, dan pemberdayaan warga.

Baca juga: Wapres minta sertifikasi kompetensi terhadap amil zakat diperbanyak

"Zakat diharapkan dapat mengentaskan kemiskinan, pengangguran dan men-support bantuan bencana dan menghilangkan pengangguran dan tidak berputar pada sebagian orang," katanya.

Imam terpilih sebagai Cendekiawan Muslim Pendukung Zakat Sejahterakan Umat karena dinilai oleh Baznas telah konsisten dalam upaya menyejahterakan umat.

Baznas menganggap Laboratorium Manajemen Zakat yang dibangun di UIN Walisongo telah memberikan kontribusi dalam peningkatan manajemen zakat di Indonesia.

UIN Walisongo juga menjadi Lembaga Amil Zakat (LAZ) memiliki layanan sertifikasi amil bagi lulusan dan masyarakat, sehingga makin banyak penerima manfaat dari zakat yang terkumpul.

Sebelumnya Wapres Ma'ruf Amin mengatakan seluruh komponen ekosistem zakat perlu diorkestrasi agar perannya semakin selaras dan saling mendukung dalam mengoptimalkan zakat.

Baca juga: Wapres: Seluruh komponen ekosistem zakat perlu diorkestrasi

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023