Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Umum (Sekum) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Abdul Mu'ti berpandangan bulan Ramadhan merupakan bulan "spiritualitas refreshing", yakni bulan yang tidak hanya mengajarkan umat Islam untuk menahan lapar dan haus, tetapi juga menahan diri.

"Menahan diri untuk tidak yang mencerca orang lain dengan berkata-kata kebencian atau mungkin perilaku-perilaku yang menurut saya juga tidak mencerminkan nilai agama. Di sinilah pentingnya bulan spiritualitas refreshing, bulan pengendalian diri," kata Mu'ti, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Presiden Jokowi beri arahan soal peniadaan buka puasa bersama

Pada bulan Ramadhan, lanjut dia, pikiran dan jiwa manusia yang berpuasa akan dibersihkan sehingga mereka akan memiliki kedamaian dan semangat, seperti semangat untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju.

Hal tersebut dia sampaikan dalam acara Gelora Talks bertajuk "Ramadhan 1444 H di Tahun Politik, Menggelorakan Spiritualitas Bangsa" yang digelar secara daring, Rabu (22/3).

Selain bulan "spiritualitas refreshing", Mu'ti menambahkan bulan Ramadhan juga dapat dipahami sebagai bulan "social refreshing".

"Menurut saya, Ramadhan ini juga sebagai bulan 'social refreshing'. Selain memperbanyak ibadah, kita juga melakukan 'social refreshing', memperbaiki relasi sosial satu dengan lainnya," kata dia.

Dengan demikian, Ramadhan menjadi momentum bagi umat Islam untuk memperkuat persaudaraan dan kerukunan.

"Kerukunan di Indonesia ini agak unik. Kita bisa beda partai, tapi kalau sudah salat, sama saja, apalagi kalau juga berbuka puasa bersama. Artinya, Ramadhan ini adalah sebuah realitas menarik bisa mempertemukan berbagai kalangan yang berbeda-beda pilihan politiknya, berbeda afiliasi, bahkan agamanya," ucap dia.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta KH Nasaruddin Umar berharap di tengah bulan Ramadhan 1444 Hijriah ini, semua pihak dapat melunakkan hatinya dan membersihkan jiwanya. Ia lalu mengimbau seluruh pihak untuk menjaga toleransi.

"Saya ingin mengimbau kepada segenap warga masyarakat bangsa yang Islam ataupun teman-teman agama lain, hendaklah saling menjaga toleransi," kata Nasaruddin.

Berikutnya, dia mengajak semua pihak menjadikan Indonesia sebagai wisata Ramadhan dengan menyemarakkan bulan suci Ramadhan. Meskipun begitu, ia mengingatkan agar tidak ada yang menyajikan tontonan-tontonan yang tidak baik karena akan melecehkan bulan suci Ramadhan.

"Jangan ada tontonan yang buat tertawa terbahak-bahak karena tidak menghargai bulan suci Ramadhan. Kalau seandainya tahu, kalian pasti lebih banyak menangis daripada ketawa-ketawa. Mari kita menghargai bulan suci Ramadhan ini, jangan diisi dengan lawakan," kata dia.

Baca juga: Agar tetap sehat saat jalani puasa di musim pancaroba
Baca juga: Ketum Gelora sebut Ramadhan momentum bangun koalisi rekonsiliasi
Baca juga: Tarawih perdana di Masjid Istiqlal dipadati jamaah

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023