Beijing (ANTARA) - Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, berhasil merealisasikan Pusat Kerja Sama Internasional dengan Xihua University, Chengdu, Provinsi Sichuan, China.

"Kerja sama antara UNS dan XHU merupakan bentuk implementasi dari program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka," kata Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun di Beijing, Jumat.

Djauhari turut meresmikan lembaga tersebut bersama Rektor XHU Liu Shugen di sela-sela Festival Film Internasional di Chengdu pada 14-19 Maret.

Menurut Djauhari, kerja sama antara UNS dan XHU terjalin sejak kedua kampus perguruan tinggi negeri tersebut menandatangani nota kesepakatan bersama pada Maret 2018.

Baca juga: RI jajaki peluang kerja sama pendidikan dengan universitas Australia

"UNS dan XHU secara bersama-sama saling mempromosikan kerja sama dalam bidang ekonomi, perdagangan, budaya, dan humaniora dalam berbagai studi," kata dia.

Selain Pusat Kerja Sama International, UNS dan XHU sebelumnya mendirikan Pusat Penelitian Budaya Bashu dan Jawa pada November 2018 dan Pusat Penelitian Ekonomi dan Perdagangan Internasional pada Mei 2022.

Djauhari bersama beberapa diplomat dari negara-negara ASEAN sempat meninjau workshop membatik yang diselenggarakan secara daring oleh tenaga pengajar dari UNS dan diikuti sejumlah mahasiswa XHU.

Mahasiswa XHU sempat memberikan cendera mata kepada Dubes Djauhari dan Sekretaris Jenderal ASEAN China-Center Shi Zhongjun berupa boneka panda berpakaian batik.

Baca juga: Unair-Taiwan Education Center kerja sama gelar pameran pendidikan

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023