Setiap hari dikirim ke enam desa dengan jumlah sepuluh rantang per desa untuk berbuka puasa dan dibantu oleh ojek pangkalan, semoga berkah untuk semua
Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Batu menyalurkan paket makanan dengan gizi lengkap untuk berbuka puasa melalui Program Rantang Ramadhan kepada warga di wilayah tersebut yang masuk dalam kategori tidak mampu.

Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai di Kota Batu, Jawa Timur, Selasa, mengatakan untuk pengiriman paket Rantang Ramadhan tersebut pihaknya bekerja sama dengan para ojek pangkalan guna mendistribusikan kurang lebih 60 paket berbuka puasa per hari.

"Setiap hari dikirim ke enam desa dengan jumlah sepuluh rantang per desa untuk berbuka puasa dan dibantu oleh ojek pangkalan, semoga berkah untuk semua," kata Aries.

Aries menjelaskan semua menu yang diberikan kepada warga miskin tersebut dimasak dan disajikan dari rumah dinas Wali Kota Batu. Aries juga ikut mengawasi langsung menu yang disiapkan untuk warga.

Para tukang ojek sudah mulai mengirimkan Rantang Ramadhan itu sejak pukul 15.30 WIB ke sejumlah titik yang telah ditentukan. Kerja sama dengan ojek pangkalan tersebut, lanjutnya, juga dalam rangka berbagi rezeki agar semakin merata.

Kendati belum dalam jumlah besar, namun ini kerja sama tersebut akan memberikan sentuhan ekonomi yang dapat membantu kebutuhan para ojek pangkalan itu. "Memang tidak bisa memenuhi semua, tapi yakin bisa meringankan ekonomi para ojek pangkalan kita," tambahnya.

Baca juga: Gubernur Jatim imbau masyarakat saling menghormati saat Ramadhan

Ia menambahkan Program Rantang Ramadhan merupakan salah satu upaya Pemkot Batu untuk menyapa warga yang ada di desa, sebagai bentuk kehadiran pemkot kepada warga tidak mampu.

"Menu berbuka dalam kemasan rantang berisi nasi dan berbagai lauk bergizi lengkap dengan buah. Porsinya cukup banyak, bahkan bisa sampai untuk makan sahur," katanya.

Aries yang juga menjabat sebagai Kepala BPSDM Provinsi Jawa Timur itu berharap apa yang dilakukan Pemkot Batu tersebut bisa membantu warga dalam menjalankan ibadah puasa.

Program Rantang Ramadhan, lanjutnya, akan dilaksanakan hingga akhir bulan Ramadhan 1444 Hijriah. Aries juga berharap program ini akan memantik kesadaran semua pihak untuk ikut bergerak dalam kebaikan dan berbagi kebahagiaan selama Ramadhan.

"Kepedulian kita bagi warga yang berpuasa dan meringankan beban pada bulan suci Ramadhan tentu sangat dinantikan oleh mereka. Saya berharap semua pihak yang merasa punya rejeki lebih bisa berbagi kepada warga Kota Batu yang membutuhkan," katanya.

Baca juga: Pemkot Batu jaga stabilitas harga bahan pokok menjelang Ramadhan

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023