"Berikan yang terbaik bagi rakyat di Papua Barat, buktikan kehadiran anda memberikan dampak positif di sana,"
Banjarmasin (ANTARA) - Komandan Korem (Danrem) 101/Antasari Brigjen TNI Rudi Puruwito memberikan motivasi kepada 400 prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 623/Bhakti Wira Utama yang menuju penugasan di Papua Barat dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Papua Nugini di Kodam XVIII/Kasuari.

"Berikan yang terbaik bagi rakyat di Papua Barat, buktikan kehadiran anda memberikan dampak positif di sana," kata Danrem saat pelepasan prajurit di Dermaga Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa.

Sebagaimana tugas pokoknya untuk Pembinaan Teritorial (Binter) dan Komunikasi Sosial (Komsos) TNI Kreatif, prajurit Yonif 623 harus menyokong percepatan pembangunan demi tercapainya kesejahteraan masyarakat di Bumi Cendrawasih.

Kemudian memberikan dukungan pengamanan dalam upaya penyediaan pelayanan dasar dan pendidikan.

Selain itu, diharapkan pula kehadiran para prajurit TNI Angkatan Darat terbaik dari Kalimantan Selatan itu bisa berinovasi untuk membantu program pemerintah yang digulirkan di wilayah setempat.

Antara lain program pencegahan stunting, program Keluarga Berencana (KB) termasuk membangun kampung Pancasila dalam upaya memperkuat nasionalisme masyarakat.

"Silahkan berkreasi dalam tugas sepanjang itu positif dan hasilnya nyata bagi rakyat di Papua," tegasnya.
 
Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Rudi Puruwito memberikan motivasi kepada 400 prajurit Yonif 623/Bhakti Wira Utama yang menuju penugasan di Papua Barat. (ANTARA/Firman)


Di sisi lain, Danrem mengingatkan prajurit untuk senantiasa waspada dan siaga menyikapi situasi di lapangan dengan tetap mengedepankan faktor keamanan di atas segalanya.

"Bagi keluarga juga teruslah mendoakan, kita berharap berangkat 400 kembali nanti lengkap 400 juga," ucapnya.

400 prajurit Yonif 623 diberangkatkan hari ini menggunakan KRI Tanjung Kambani (971) menuju transit di Makassar, Sulawesi Selatan yang rencananya nanti dilepas langsung oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono ke Papua.

Direncanakan mereka bertugas selama satu tahun dengan wilayah mencakup Kabupaten Sorong Selatan dan Kabupaten Tambrauw di Papua Barat.

Pewarta: Firman
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023