Padang (ANTARA) - Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Profesor Edward Omar Sharif Hiariej meminta seluruh jajaran di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk terus meningkatkan profesionalisme kerja dalam melayani masyarakat.

"Tingkatkan terus profesionalisme kerja untuk mendapatkan hasil yang baik," kata Wamenkumham yang akrab disapa Eddy Hiariej di Padang, Rabu.

Hal tersebut disampaikan Eddy Hiariej saat
meninjau lembaga pemasyarakatan (lapas), rumah tahanan negara (rutan), balai pemasyarakatan (bapas), kantor imigrasi hingga rumah penyimpanan benda sitaan negara (rupbasan) di Kota Padang, Sumatera Barat.

Dari beberapa unit pelaksana teknis (UPT) yang dikunjungi, Wamenkumham mengatakan tidak ada evaluasi yang signifikan dan semuanya dalam kondisi baik.

"Kesan saya di tempat keempat yang dikunjungi ini (Bapas Kelas I Padang) semuanya berjalan dengan baik," katanya.

Kunjungan pertama Wamenkumham diawali di Rutan Kelas IIB Padang. Di lokasi tersebut, Prof. Eddy melihat kondisi para tahanan hingga fasilitas umum yang digunakan.

Setelah mengecek kondisi Rutan Kelas IIB Padang, Guru Besar Ilmu Hukum Pidana Universitas Gadjah Mada (UGM) tersebut meninjau Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas IIB Padang.

Selanjutnya, dia menuju Lapas Kelas IIA Padang. Sama halnya dengan Rutan Kelas IIB Padang, di lokasi tersebut Wamenkumham juga mengecek berbagai hal, di antaranya dapur umum yang digunakan narapidana, bengkel atau pusat hasil kerajinan warga binaan pemasyarakatan hingga ruang rehabilitasi.

Selepas itu, Wamenkumham menyambangi Bapas Kelas I Padang dan Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) dan Rupbasan Kelas I Padang, Sumatera Barat.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023