London (ANTARA) - Kota London tidak lagi menjadi pemimpin di antara pusat-pusat keuangan global setelah New York naik dari posisi kedua ke level yang diduduki ibu kota Inggris itu, karena lebih banyak perusahaan yang tercatat di Amerika Serikat, kata City of London Corporation pada Kamis (29/3/2023).

City, yang mengelola distrik keuangan London, mengatakan dalam survei tahunannya bahwa tolok ukur kinerja pusat keuangan global memberi London skor daya saing keseluruhan sebesar 60, naik dari 59 pada tahun 2022, tetapi New York meningkatkan skornya menjadi 60.

Singapura berada di urutan ketiga dengan skor daya saing 51, diikuti oleh Frankfurt dengan skor 46, Paris dengan skor 43, dan Tokyo dengan skor 35.

The City mengatakan Inggris terus membangun kekuatannya yang telah lama berdiri sebagai pusat penerbitan surat utang internasional, asuransi komersial, dan perdagangan valuta asing terbesar di dunia, dan pusat manajemen aset terbesar kedua.

Tapi jumlah perusahaan internasional yang melakukan pencatatan atau listing di London turun, dan sedikit perusahaan global yang memilih untuk listing di sana, kata City.

Otoritas Perilaku Keuangan Inggris mengisyaratkan perubahan yang diusulkan pada Rabu (29/3/2023) untuk merampingkan aturan pencatatan.

Pejabat sektor keuangan di Inggris telah menyerukan reformasi aturan keuangan yang lebih cepat untuk meningkatkan daya saing kota setelah Brexit mengadu London dengan pusat-pusat Uni Eropa seperti Amsterdam, Paris dan Frankfurt.

New York mengambil alih London pada tahun 2018 untuk menjadi pusat keuangan global teratas dalam survei Z/Yen yang terpisah.

City dijadwalkan pada kuartal ketiga untuk menetapkan rekomendasi cetak biru jangka panjang untuk "memulai" peran London sebagai pusat keuangan global pasca-Brexit pada tahun 2030.

"Inggris tetap menjadi salah satu pusat keuangan paling terbuka dan global dengan akses yang lebih baik ke pasar internasional daripada AS, Prancis, atau Jepang. Namun keunggulan kompetitif kami terancam," kata Chris Hayward, ketua kebijakan di City of London Corporation.


Baca juga: Forum investasi soroti Hong Kong sebagai pusat keuangan internasional
Baca juga: New York tetap unggul atas London sebagai pusat keuangan top dunia
Baca juga: Bali kalahkan London dan Paris sebagai destinasi terpopuler di dunia

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023