Datanglah penuh kegembiraan. Tentulah juga dengan semangat mendukung masing-masing tim kesayangannya
Kuala Lumpur (ANTARA News) - Pemerintah Malaysia menyatakan akan memperkuat dan meningkatkan keamanan baik di dalam maupun luar Stadium Bukit Jalil menjelang pertandingan sepak bola piala AFF 2012 antara timnas Indonesia melawan timnas Malaysia, Sabtu sore.

"Kami menempatkan sebanyak 1230 polisi, 250 tenaga Rela (seperti pertahanan sipil), 50 orang dari pihak stadium dan juga termasuk mengaktifkan alat perekam gambar guna memonitor situasi disekeliling stadium," kata Wakil Menteri Belia dan Sukan, Razali Haji Ibrahim kepada pers di Kuala Lumpur, Sabtu.

Selain itu, demi menjaga keamanan, pihaknya juga memisahkan tempat duduk suporter Malaysia dan Indonesia.

"Kami menempatkan suporter Malaysia melalui pintu masuk hijau, merah dan kuning. Sedangkan untuk suporter Indonesia, masuknya melalui pintu biru dan ungu," ungkapnya.

Pintu masuk sudah mulai dibuka sekitar pukaul 16.30 waktu Malaysia.

Dia mengharapkan para suporter yang datang ke stadium tidak melakukan hal-hal yang bisa menimbulkan perselisihan.

Khususnya kepada suporter Malaysia, perlu diingatkan pula bahwa negaranya adalah tuan rumah kejuaraan ini sehingga nama baik negara harus dijaga sehingga harus menunjukkan diri sebagai tuan rumah yang baik.

"Datanglah penuh kegembiraan. Tentulah juga dengan semangat mendukung masing-masing tim kesayangannya. Dukungan itu juga harus dengan semangat bertetangga serta menjaga nama baik negara," harapnya.

Sementara itu, Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia, Herman Prayitno memberi apresiasi kepada pihak Malaysia atas upayanya untuk meningkatkan keamanan di dalam maupun di luar stadium Bukit Jalil.

Selain itu, kata Herman, pihaknya juga telah bertemu dengan sejumlah tokoh masyarakat Indonesia di negara ini untuk tidak melakukan sesuatu yang tidak baik serta turut memberikan pemahaman kepada para suporter agar tidak melakukan perbuatan yang melawan hukum.

Dalam hal ini, Dubes Herman mengingatkan kepada para suporter Indonesia agar menunjukkan sikap yang baik sehingga bisa menikmati pertandingan dalam suasana gembira.

"Saya mengimbau agar suporter Indonesia jangan sampai melakukan tindakan destruktif yang tentunya selain merugikan diri sendiri dan juga mengganggu kesenangan orang lain yang ingin menikmati pertandingan," ungkapnya.

Ketika ditanya berapa jumlah penonton yang akan menyaksikan pertandingan timnas kedua negara ini, Herman menyatakan jumlah belum bisa dipastikan tapi tentunya cukup banyak baik oleh WNI yang ada di Malaysia dan juga orang Indonesia yang datang langsung ke negara ini khusus untuk menonton pertandingan tersebut.

"Saya rasa, pesawat dari Indonesia ke Kuala Lumpur ini penuh," katanya.

Senada disampaikan wakil Menteri Belia dan Sukan Malaysia, bahwa jumlah pastinya belum diketahui, tapi diperkirakan penontonnya membludak.

"Saya harap jumlahnya bisa mencapai kapasitas maksimal sekitar 80 ribu hingga 100 ribu penonton," ungkapnya.
(N004)







Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2012