Jakarta (ANTARA) - Timnas basket Indonesia akan menjalani latihan dan uji coba melawan tim-tim basket Australia pada April mendatang untuk persiapan kompetisi SEA Games 2023 di Kamboja 5-17 Mei.

Pelatih timnas basket putra Milos Pejic mengatakan akan membawa 15 pemain ke Australia untuk menjalani latihan sekaligus bertanding dengan tim-tim liga utama basket Australia atau NBL1.

"Dalam rangka persiapan SEA Games Kamboja besok, Tim nasional akan berangkat ke Australia pada tanggal 4 April. Akan mengadakan sembilan kali pertandingan dan 18 kali latihan selama TC di Australia," kata Wakil Ketua Umum PP Perbasi George Dendeng usai latihan timnas basket putra di GBK Arena Jakarta, Kamis.

Timnas basket Indonesia akan berlatih dan mengadakan uji coba di Australia selama 21 hari sejak tanggal 4 hingga 24 April. Sebelumnya, para pemain timnas telah melakukan pemusatan latihan (TC) sejak tanggal 23 Maret, atau seusai kompetisi IBL dijeda untuk persiapan SEA Games.

Saat ini terdapat 19 pemain yang berlatih di GBK Arena untuk persiapan SEA Games Kamboja, namun nantinya pelatih akan menyeleksi kembali para pemain sehingga hanya 15 orang yang dibawa untuk melaksanakan TC dan try out di Australia.

Baca juga: Timnas absen di Piala Dunia FIBA, PB Perbasi fokus ke SEA Games 2023

"Pemain-pemainnya masih dalam pemilihan untuk saat ini. Kita masih punya waktu satu dua hari ke depan untuk menentukan pemain-pemain yang dibawa ke Australia," kata George.

Pelatih Milos mengatakan target dari TC dan uji coba Timnas Basket ke Australia adalah untuk menyiapkan dan mengevaluasi sistem permainan yang sudah ditetapkan dalam latihan.

"Kita harus mengatur prinsip dasar, offensive, defensive, karena kami tidak mau bermain basket secara liar di sana. Kami punya sistem, kami harus menempatkan orang-orang baru dan pemain baru di sistem kami," kata Milos.

Pelatih asal Serbia tersebut mengatakan sebanyak 15 pemain yang diboyong ke Australia nantinya akan dievaluasi setelah menjalani sembilan gim melawan tim-tim Australia. Dari situlah Milos akan menyeleksi lagi para pemain untuk menjadi skuad SEA Games 2023 di Kamboja.

Milos menyebut pemain Timnas akan berhadapan dengan tim-tim NBL1 yang disebutnya memiliki level yang sangat tinggi untuk pemain-pemain Indonesia.

"Semuanya tim NBL1. Mereka berada di level yang sangat tinggi bagi kami, level yang sangat tinggi," kata dia.

Baca juga: Timnas basket putri berguru ke pelatih NBA persiapkan SEA Games
Baca juga: Perbasi kirim 20 pemain muda ke pemusatan latihan di Amerika Serikat

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023