Tingkat optimisme pelaku usaha terhadap kondisi usaha industri selama April sampai September masih cukup tinggi, yaitu 63,5 persen
Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Kementerian Perindustrian Febri Hendri Antoni Arif menyampaikan bahwa mayoritas pelaku usaha optimistis terhadap kondisi industri selama enam bulan ke depan.

“Tingkat optimisme pelaku usaha terhadap kondisi usaha industri selama April sampai September masih cukup tinggi, yaitu 63,5 persen,” kata Febri di Jakarta, Jumat.

Febri menjelaskan, mayoritas responden yang menjawab optimistis mengaku yakin kondisi pasar akan membaik selama enam bulan ke depan. Selain itu, optimisme mereka juga didukung oleh kepercayaan mereka terhadap kebijakan pemerintah pusat yang mereka anggap lebih baik.

Meski jumlah pelaku usaha yang menyatakan optimistis pada Maret 2023 meningkat, namun jumlah itu menurun bila dibandingkan Februari 2023 yang tercatat sebanyak 64,3 persen.

Sementara itu, sebanyak 26,1 persen pelaku usaha menyatakan kondisi usaha mereka akan berada dalam kondisi stabil selama enam bulan ke depan. Angka tersebut naik bila dibandingkan Februari 2023 yang tercatat sebesar 24,9 persen.

Adapun jumlah responden yang mengaku pesimistis terhadap kondisi usaha selama enam bulan ke depan tercatat sebanyak 10,5 persen. Jumlah tersebut menurun 0,3 persen dari capaian Februari 2023 yang sebanyak 10,8 persen.

Dalam kesempatan tersebut, Febri juga memaparkan Indeks Kepercayaan Industri (IKI) Maret 2023. IKI Maret 2023 mengalami perlambatan 0,45 poin bila dibandingkan Febuari 2023, yakni sebesar 51,87 poin.

Namun, Febri mengatakan kondisi IKI Maret 2023 masih dalam fase ekspansi yang ditopang oleh 14 subsektor. Tiga kontributor terbesar berasal dari Industri Makanan, Industri Bahan Kimia dan Barang dari Bahan Kimia, serta Industri Kendaraan Bermotor, Trailer, dan Semi Trailer.

Subsektor yang mengalami ekspansi berkontribusi terhadap PDB industri pengolahan migas 2022 sebesar 80,4 persen.

Baca juga: Kemenperin: Indeks Kepercayaan Industri Maret melambat ke level 51,87

Baca juga: Kemenperin optimis industri kimia dan tekstil bergeliat sambut Lebaran


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Sella Panduarsa Gareta
Copyright © ANTARA 2023