Makassar (ANTARA) - Regional Head 4  PT Pelindo (Persero), Enriany Muis mengatakan, pada masa "peak season" jelang Idul Fitri 1444 Hijriah diprediksi terjadi kenaikan jumlah penumpang lima persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Tahun lalu arus mudik penumpang di Pelabuhan Makassar sebanyak 88 ribuan penumpang, dan tahun ini diasumsikan naik menjadi 92 ribuan penumpang," kata Enriany di Makassar, Jumat.

Menurut dia,  pandemi COVID-19 semakin melandai dilonggarkan, menjadi salah satu pemicu sehingga jumlah penumpang meningkat selain itu harga lebih murah menjadi pertimbangan juga para pemudik gunakan angkutan laut. 

"Pilihan transportasi bagi masyarakat relatif murah adalah transportasi kapal laut dibandingkan transportasi udara yang harganya cenderung meningkat tajam pada saat "peak season"," katanya menyebut salah satu alasan.

Dari sisi layanan,lanjut dia, Pelindo Cabang Makassar yang paling banyak melayani penumpang dan jasa angkutan kargo adalah Kota Makassar. Kemudian disusul Cabang Parepare, Cabang Balikpapan, Cabang Ternate dan Cabang Ambon.

Sementara dari segi fasilitas armada, lanjut dia, pada musim mudik tahun lalu tercatat 1.116 armada, sedang tahun ini diprediksi akan bertambah seiring dengan asumsi kenaikan 5 persen jumlah penumpang.

"Dari pengalaman sebelumnya, biasanya puncak arus mudik itu saat cuti bersama atau H-4 hari raya Idul Fitri," katanya.
Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis didampingi General Manager Pelindo Regional 4 Makassar Suhadi Hamid dan Division Head Operasi Pelindo Regional 4 Yusida M Palesang seusai jumpa pers di Kantor Pelindo Regional 4 di Makassar, Jumat (31/3/2023). Antara/ Suriani Mappong

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023