Jakarta (ANTARA News) - Penyedia solusi manajemen TI, CA Technologies (NASDAQ:CA), mengumumkan telah menyediakan platform awan CA Applogic untuk mendukung layanan komputasi awan CBN, perusahaan penyedia layanan komunikasi dan Internet di Indonesia.

CBN membangun CBN Cloud sebagai model bisnis baru untuk melayani kebutuhan komputasi awan bagi pelanggan korporat maupun ritel, kata CA Technologies dalam satu pernyataan pers yang diterima ANTARA News di Jakarta, Selasa.

Dengan platform CA Applogic, memungkinkan pengguna CBN Cloud mengembangkan layanan bisnis virtual yang terdiri dari aplikasi dan infrastruktur pendukung.

Platform CA Applogic pada CBN Cloud menawarkan paket layanan mulai dari Infrastructure as a Service (IaaS), Platform as a Service (PaaS), hingga Software as a Service (SaaS).

"Kami memilih CA Applogic karena diferensiasi pasar dan kemudahan dalam menggunakannya........Kami juga melihat kinerja aplikasi menjadi meningkat dan dapat diandalkan setelah kami beralih ke platform tersebut," kata Chief Technology Officer CBN Tony Hariman.

CA Applogic menurutnya, memungkinkan organisasi membangun lingkungan komputasi awan dalam hitungan jam saja, termasuk fitur yang dibutuhkan untuk mengoperasikan dan mengelola awan.

Sebelum menggunakan platform itu, CBN membutuhkan waktu lima hingga dua minggu untuk integrasi dan instalasi piranti keras dan lunak untuk pelanggan baru. Tapi, sekarang cukup dengan waktu lima hingga 30 menit untuk pemasangan.

"Untuk memulai sebuah penyebaran awan mungkin tampak seperti tugas yang menakutkan bagi suatu perusahaan atau CSP, tetapi proses tersebut dapat dioptimalkan dengan solusi yang tepat," kata Manivannan Govindan, Direktur Strategi Solusi, CA Technologies, Selatan Asia.

CBN Indonesia merupakan perusahaan telekomunikasi yang memiliki dan mengoperasikan 300km fiber optik yang menghubungkan lebih dari 200 gedung, kantor, apartemen, dan mal di Jakarta sebagai bagian dari layanan Internet tradisional.

(*)

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012