Tahun ini untuk Dharmasraya dialokasikan Rp127 miliar dalam APBD murni 2023.
Pulau Punjung (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) mengalokasikan anggaran sebesar Rp127 miliar untuk mendukung pembangunan pada berbagai sektor di Kabupaten Dharmasraya pada 2023.
 
"Setiap tahun, Pemprov Sumbar selalu mengalokasikan anggaran untuk membantu pembangunan di kabupaten dan kota. Tahun ini untuk Dharmasraya dialokasikan Rp127 miliar dalam APBD murni 2023," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi saat mengunjungi Dharmasraya pada program Safari Ramadhan, Minggu (2/3) malam.
 
Ia merinci dari total alokasi sebesar Rp127 miliar tersebut terbagi atas Rp57 miliar dana bagi hasil pendapatan daerah, Rp41 miliar untuk sektor pendidikan, Rp6 miliar untuk sektor pertanian, dna Rp6 miliar untuk sektor perikanan.
 
"Sisanya dialokasikan untuk pembangunan jalan, jembatan, perumahan dan sektor lainnya yang manfaatnya juga dirasakan oleh masyarakat Dharmasraya," katanya.
 
Mahyeldi menyebut alokasi anggaran tersebut sebagai dukungan atau stimulus untuk meningkatkan gerak perekonomian masyarakat dan pelayanan pendidikan di Dharmasraya.
 
Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya Adlisman menyebut dukungan dari Pemprov Sumbar sangat besar manfaatnya dalam pembangunan daerah. Semua anggaran tersebut dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
"Kami berterima kasih pada peran pemerintah provinsi dalam mendorong percepatan pembangunan di Kabupaten Dharmasraya," ujarnya.
 
Dalam kunjungan tersebut, Gubernur Sumbar Mahyeldi juga membawa bantuan pemerintah provinsi untuk Masjid Al Mu'minun sebesar Rp50 juta, bantuan satu dus Al Quran dari Kemenag Sumbar, serta 180 kotak makanan tambahan untuk balita dan 5 dus penambah nutrisi ibu hamil.
 
Dalam program Safari Ramadhan itu, gubernur juga sekaligus menampung aspirasi masyarakat yang akan disikapi sesuai dengan kewenangan daerah.
Baca juga: Dinkes Dharmasraya pastikan layanan kesehatan buka 24 jam
Baca juga: Pemkab Dharmasraya masak satu ton rendang untuk Cianjur

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023