Satgas RAFI Pertamina tahun ini siap mengamankan pasokan dan distribusi BBM dan LPG selama arus mudik lebaran tahun ini
Pangkalpinang (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel mensiagakan Satgas Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI), guna memastikan kebutuhan energi masyarakat selama arus mudik dan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah.

"Satgas RAFI ini mulai diaktifkan pada 1 April hingga 2 Mei 2023," kata Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Regional Sumbagsel Tjahyo Nikho Indrawan dalam keterangan pers diterima di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan selama masa Satgas RAFI, untuk wilayah Bangka Belitung konsumsi jenis gasoline diprediksi mengalami peningkatan sebesar 1,3 persen, untuk BBM jenis gasoil juga diprediksi mengalami peningkatan 1 persen.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga Sumbagsel operasikan 13 SPBU BBM Satu Harga

Untuk konsumsi LPG diprediksi peningkatan sebesar 12 persen, untuk Avtur dipastikan aman. Proyeksi ini dibandingkan dengan rata-rata konsumsi normal di Januari sampai dengan Februari 2023.

"Berbagai persiapan juga sudah dilakukan, seperti menyiagakan sarana dan fasilitas utama yang meliputi 10 Terminal BBM, 2 Terminal LPG, 675 SPBU, 62 SPBE, 482 Agen LPG, dan 6 DPPU," katanya.

Ia menyatakan saat masa Satgas RAFI ini, Pertamina memastikan stok dalam keadaan aman, sehingga distribusi tidak terganggu dan masyarakat dapat melaksanakan perjalanan mudik dan libur lebaran dengan nyaman dan tenang.

"Satgas RAFI Pertamina tahun ini siap mengamankan pasokan dan distribusi BBM dan LPG selama arus mudik lebaran tahun ini," ujarnya.

Ia berharap masyarakat tidak perlu khawatir, baik untuk kebutuhan selama di perjalanan mudik maupun ketika sudah di kampung halaman akan kami siapkan, sehingga masyarakat bisa tenang dan nyaman menikmati liburannya," kataya. 

Baca juga: Pertamina jamin ketersediaan BBM pada arus balik Lebaran di Sumbagsel
 

Pewarta: Aprionis
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023