Makassar (ANTARA) - Direktorat Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa (MTQM) yang terpusat di Lantai Dasar Gedung Rektorat Unhas Tamalanrea Makassar, 10-12 April 2023.

Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir Unhas, Abdullah Sanusi MBA PhD di Makassar, Senin, mengatakan pelaksanaan MTQM 2023 lebih menarik dan berbeda karena mempertandingkan Lomba Ceramah Bahasa Daerah (LCBD).

Yaitu lomba ceramah berbahasa daerah Bugis dan Makassar dengan menggunakan kaidah kaidah ceramah Islam dengan arti dan penafsiran Alquran dan Hadis dalam Bahasa Bugis dan Makassar.

“Lomba tambahan ini untuk meramaikan Bulan Ramadhan 1444 H/2023 M sekaligus sebagai wadah melestarikan budaya Islam berbasis bahasa daerah,” ujarnya.

Ia menjelaskan, MTQ Unhas tahun ini mengusung tema “MTQM 2023 Unhas sebagai penguat ukhuwah Islamiyah dalam membentuk generasi Qur'ani Unhas menuju Indonesia Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur”.

Selain untuk menyemarakkan Ramadhan 1444 H, kegiatan ini juga sebagai persiapan menuju MTQMN Tahun 2023. Gelaran ini juga dimaksudkan untuk mengembangkan minat bakat mahasiswa bidang Al- Qur’an.

MTQM ini membuka kesempatan kepada seluruh mahasiswa Unhas aktif untuk lima belas bidang kompetisi dan dua perlombaan tambahan.

Abdullah Sanusi menambahkan bahwa MTQM merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Bidang Kemahasiswaan Unhas setiap Bulan Ramadhan.

Adapun bentuk apresiasi yang diberikan kepada pemenang lomba berupa piagam penghargaan dan uang pembinaan yang bernilai jutaan rupiah. Sedangkan peserta terbaik yang dianggap layak akan dipersiapkan untuk mengikuti MTQMN tahun 2023 melalui pembinaan dan coaching intensif.

Selain ceramah bahasa Makassar dan Bugis, juga mempertandingkan 15 bidang perlombaan di antaranya Musabaqah Tilawatil Qur’an, Musabaqah Tartil Qur’an, Musabaqah Qira’at Sab’ah, Musabaqah Hifzhil Qur’an, Musabaqah Khaththil Qur’an, Musabaqah Debat Ilmiah Kandungan Qur’an dalam Bahasa Arab, Musabaqah Debat Ilmiah Kandungan Qur’an dalam Bahasa Inggris, hingga Musabaqah Desain Aplikasi Komputer Al-Qur’an.

Baca juga: Wujudkan generasi Qurani, UNP gelar lomba MTQ mahasiswa
Baca juga: Universitas Negeri Malang juara umum MTQ Mahasiwa Nasional
Baca juga: ISI Padang Panjang siapkan kafilah MTQ nasional

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023