Jakarta (ANTARA) - Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia di SEA Games 2023 Lexyndo Hakim menaruh harapan besar kepada Dito Ariotedjo yang secara resmi dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) di Istana Negara, Jakarta, Senin.

Presiden Jokowi melantik Dito pada H-32 jelang SEA Games 2023 di Kamboja yang dijadwalkan bergulir pada 5-17 Mei.

Lexyndo mengatakan hal itu merupakan bagian dari bentuk perhatian Presiden Jokowi terhadap olahraga Indonesia, khususnya kepada para atlet yang akan tampil pada SEA Games 2023.

"Terima kasih Pak Presiden yang di tengah kesibukannya, di tengah kepusingannya mengurus sepak bola, masih memikirkan tentang atlet kita yang akan berangkat ke SEA Games di Kamboja," kata Lexy dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Lexy mengatakan penunjukan Dito membawa angin segar dan harapan buat para atlet yang akan berangkat ke SEA Games. Ini juga diharapkan dapat memperjelas segala hal terkait SEA Games yang selama ini masih abu-abu.

"Ya kita sangat bersyukur karena di sela-sela terbatasnya waktu menuju SEA Games kita diberikan Menpora yang pasti akan bergerak cepat. Harapan kami semua, kehadiran Pak Menpora yang baru bisa membawa optimisme dari Presiden kepada atlet dengan mempercayai anak muda untuk menjadi Menpora. Jadi ini waktunya untuk kaum muda berbicara," kata Lexy.

Baca juga: Odekta optimistis pertahankan emas di SEA Games 2023 Kamboja

Seperti diketahui, Dito merupakan merupakan staf khusus bidang hubungan antarlembaga di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian selain juga mantan Ketua Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI). Selain itu, Dito juga pernah menjabat sebagai Ketua ISSI DKI periode 2015-2019 dan tercatat sebagai salah satu komisaris RANS Nusantara.

"Sejak ditunjuk sebagai CdM pada 14 Februari saya bersama tim langsung bekerja secara paralel. Komunikasi dan koordinasi termasuk salah satunya berkunjung ke Kamboja untuk memastikan semua persiapan di sana dan kunjungan ke cabang olahraga yang sedang pelatnas untuk memberikan semangat dan motivasi atlet," ujar Lexy.

"Kami dari Tim CdM dan atlet serta pengurus cabang olahraga pastinya berharap banyak pada Pak Menpora yang baru bisa gerak cepat untuk satu-dua hari ini sudah bisa mengumumkan cabor-cabor mana saja yang akan dikirim mewakili Merah Putih di SEA Games Kamboja nanti," pungkasnya.

Baca juga: Dito Ariotedjo sosok yang dekat dengan olahraga

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023