Hasil tiga pertandingan terakhir tim cukup konsisten, namun kami belum puas. Dua gol pada pertandingan ini akan menjadi bahan evaluasi,"
Bandung (ANTARA News) - Tim Persib Bandung meloloskan diri ke babak semifinal Inter Island Cup (IIC) 2012 mewakili grup B setelah mengalahkan Persidafon Dafonsoro 3-2 (1-0) pada pertandingan di Stadion Siliwangi Kota Bandung, Rabu. 

Striker Airlangga yang masuk menggantikan striker asal Jepang, Kenji Adichihara pada menir ke-77, menjadi penentu kemenangan "Maung Bandung" melalui golnya pada menit ke-83.

Pemain yang akrab disapa Ronggo tersebut melesakan bola ke gawang Persdafon yang dikawal I Putu Dian Anawta setelah mendapat umpan tarik dari wing back kiri Atep.

Gol pemain bernomor punggung 9 itu langsung disambut suka cita oleh bobotoh yang sempat khawatir setelah pertandingan berlangsung cukup ketat. Bahkan Persidapon sempat unggul lebih dulu.

Dengan hasil tersebut, tim Persib Bandung memastikan diri menjadi wakil grup B dan akan berhadapan dengan semifinalis dari grup D Persisam Samarinda. Namun belum diketahui tempat pertandingan semifinal IIC 2012 akan digelar.

Persib unggul lebih dulu melalui gol cepat Firman Utina pada menit ke-4 setelah menceploskan bola ke gawang Persidafon. Kedudukan 0-1 untuk Persib bertahan hingga akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, giliran Persidafon `mengejutkan` tuan rumah Persib. Selain menyamakan kedudukan melaui gol Marco Cireli menit ke-59, empat menit kemudian tim asuhan pelatih Ernes Pahelerang itu balik memimpin dengan mencetak gol melalui Yohanis Makanuay.

Herman Dzumafo menyamakan kedudukan pada menit ke-71 melalui kotak penalti setelah gelandang Persib Asri Akbar dijatuhkan di kotak penalti oleh bek Persidafon Marco Cireli.

Dalam kondisi menekan pertahanan lawan, Persib gagal menembus gawang Persidafon. Pelatih Djadjang Nurdjaman memutuskan untuk memasukan striker Airlangga menggantikan Kenji Adichihara menit ke-77. Hanya butuh waktu enam menit, Airlangga mampu mencetak gol penentu kemenangan Persib menit ke-83 dalam rangkaian serangan sporadis yang dilakukan Firman Utina dkk.

Hampir sepanjang 20 menit terakhir, Persib mengurung pertahanan Persidafon yang mencoba melakukan permainan bertahan, namun akhirnya gagal mempertahankan hasil imbang setelah Persib tampil sangat agresif.

Pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurdjaman menyebutkan timnya berhasil meraih target ke babak semifinal. Selain itu ia melihat permianan timnya cukup stabil dalam tiga pertandingan terakhir. Pada dua laga sebelumya Persib mengalahkan Gresik United 2-0 dan Persipam Pamekasan 3-0.

"Hasil tiga pertandingan terakhir tim cukup konsisten, namun kami belum puas. Dua gol pada pertandingan ini akan menjadi bahan evaluasi," kata Djadjang Nurdjaman.

Sementara itu Pelatih Persidafon, Ernest Pehelerang menyatakan akan melakukan evaluasi dengan hasil yang diraih timnya itu. Menurut Ernest hasil di IIC 2012 akan menjadi masukan yang berharga bagi tim sebelum memasuki kompetisi sesungguhnya di ajang ISL 2013.

"Hasil pertandingan di IIC 2012 ini akan menjadi pelajaran bagi tim kami, dan saya akui Persib bermain konsisten. Peluang bagi kami ada namun mereka bisa memanfaatkan momentum," kata Ernest.

Persib Bandung sendiri berpeluang untuk menyabet gelar pra musim kedua setelah sebulan lalu menjuarai Celebes Cup 2012.

(ANT)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2012