Jumlah penyaluran pinjaman atau pembiayaan, sejak awal penyaluran dana bergulir pada 2008 hingga 4 Desember 2012, telah tersalurkan Rp 2,44 triliun ke 1.516 mitra di seluruh Indonesia,"
Jakarta (ANTARA News) - Dana bergulir untuk koperasi dan UMKM yang dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB)-KUMKM telah terserap Rp2,44 triliun sampai dengan 4 Desember 2012.

"Jumlah penyaluran pinjaman atau pembiayaan, sejak awal penyaluran dana bergulir pada 2008 hingga 4 Desember 2012, telah tersalurkan Rp 2,44 triliun ke 1.516 mitra di seluruh Indonesia," kata Direktur Utama LPDB-KUMKM, Kemas Danial, di Jakarta, Rabu.

Dana bergulir itu disalurkan kepada pelaku UMKM, koperasi, lembaga keuangan mikro, dan lembaga modal ventura.

Ia mengatakan, untuk penyaluran pada 2012, total penyerapan dana bergulir LPDB-KUMKM mencapai Rp 830,11 miliar.

Sementara itu jumlah pembiayaan yang dalam tahap menunggu proses pencairan sebesar Rp501,26 miliar.

"Secara teknis, persyaratan yang harus dan wajib ada pada koperasi yang ingin mengajukan dana pada LPDB antara lain koperasi telah menjalankan usahanya minimal 2 tahun," katanya.

Di samping itu, koperasi atau UMKM dipersyaratkan memiliki sisa hasil usaha (SHU) positif selama 2 tahun berturut-turut dan sudah berbadan hukum minimal 2 tahun serta melaksanakan 2 kali rapat anggota tahunan (RAT).

"Untuk tingkat suku bunga pinjaman, LPDB-KUMKM memasang bunga yang sangat rendah yakni 6 persen per-tahun sliding/menurun untuk koperasi sektor riil," katanya.

Sedangkan tingkat suku bunga 9 persen pertahun (sliding/menurun) dikenakan bagi koperasi sektor simpan pinjam.

Ke depan, Kemas menambahkan, pihaknya menyatakan akan memperkuat permodalan kepada koperasi dan Lembaga Keuangan Mikro agar mereka memiliki kapasitas yang kuat untuk salah satunya dapat memberikan pinjaman modal usaha kepada calon-calon wirausaha.
(H016/B008)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012