Kerusakan itu hanya terjadi pada tingkat elit kita,"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menilai pemahaman soal Empat Pilar Negara di masyarakat masih cukup baik namun "kerusakan" justru terjadi di tingkat elitnya.

"Kerusakan itu hanya terjadi pada tingkat elit kita," kata ketua MKRI Mahfud MD saat menjadi pembicara pada Semiloka Empat Pilar dan penyerahan anugerah Konstitusi di gedung Nusantara V Senayan Jakarta, Rabu.

Mahfud juga menyinggung soal perkawinan empat hari yang dilakukan Bupati Garut Aceng Fikri sebagai salah satu contoh. Namun tambahnya di masyarakat empat pilar justru masih berjalan dengan baik.

Mahfud mencontohkan ketika terjadi tsunami di Aceh atau letusan gunung Merapi di Yogyakarta, masyarakat dari seluruh Indonesia dengan sukarela memberikan bantuan.

"Ketika masyarakat secara sukarela, iklas memberikan bantuan tanpa memandang suku dan agama, itulah Pancasila," kata Mahfud.

Mahfud menegaskan meskipun terkadang masyarakat tidak hafal teks Pancasila atau empat pilar negara namun justru masyarakat menjalankannya dengan baik.
(J004/I014)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012