Polri telah hadir sebagai pelindung, pengayom
Jakarta (ANTARA) - Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menilai bantuan kemanusiaan dari Kapolri kepada warga kurang mampu menunjukkan peran Polri sebagai pengayom dan pelindung masyarakat

"Kepedulian Kapolri terhadap masyarakat miskin, kita apresiasi," kata Direktur Eksekutif Lemkapi Dr Edi Hasibuan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, pada Ramadhan 2023 dan menjelang Hari Raya Lebaran seperti ini banyak masyarakat yang kesulitan.

"Kegiatan kemanusiaan ini sejatinya menunjukkan bahwa Polri telah hadir sebagai pelindung, pengayom dan penolong untuk masyarakat," kata akademisi dari Universitas Bhayangkara Jakarta ini.

Baca juga: Polisi salurkan bansos Polri kepada penggali kubur TPU Kampung Kandang

Bantuan kemanusiaan Kapolri ini diserahkan langsung oleh para kapolda dan kapolres dan jajarannya di seluruh Indonesia.

Di Jakarta Selatan, bantuan kemanusiaan ini diserahkan oleh Kapolres Metro Jaksel Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi kepada warga sekitar Kompleks Tempat Pemakaman Umum Kampung Kandang.

Bantuan 100 paket berisi sembako itu diberikan kepada para penggali kubur dan warga yang tinggal di bantaran sungai, kata Kapolres Jaksel.

Selain di Jakarta, Kapolri juga membagikan ribuan ribu paket bantuan kemanusiaan secara langsung di jajaran polda.

Baca juga: Polsek Cilandak gandeng Karang Taruna salurkan bansos ke masyarakat

Beberapa daerah yang sudah mendistribusikan bantuan tersebut antara lain Polda Metro Jaya sebanyak 7.500 paket sembako, Jawa Timur 50 ton beras dan 10 ribu paket sembako, di Nusa Tenggara Timur (NTT) 5.000 paket sembako.
 

Pewarta: Santoso
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023