Kondisi infrastruktur kami pada H-10 sudah dalam kondisi siap melayani masyarakat melakukan perjalanan.
Subang (ANTARA) - Operator Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) memastikan perbaikan dan pekerjaan jalur dapat diselesaikan sebelum H-10 Lebaran 2023, sehingga siap melayani masyarakat yang akan melakukan perjalanan.

"Kondisi infrastruktur kami pada H-10 sudah dalam kondisi siap melayani masyarakat melakukan perjalanan," kata Group COO ASTRA Infra Kris Ade Sudiyono, di Subang, Jawa Barat, Selasa.

Kris mengatakan perbaikan dan pekerjaan yang dilakukan di ruas tol upaya untuk memperlancar dan memberikan rasa nyaman kepada masyarakat pengguna jalan, sehingga ketika mudik Lebaran 2023 bisa aman.

Menurutnya, ada beberapa titik perbaikan di jalan tol Cipali, dan dipastikan semuanya selesai sebelum H-10 Lebaran 2023, agar ketika masuk masa arus mudik bisa dilalui.

Sedangkan untuk pekerjaan pelebaran jalan atau pembangunan lajur tiga dilakukan di beberapa tempat istirahat, dan itu pun dipastikan selesai.

"Pekerjaan lajur ketiga yaitu kilometer 86, 102, dan kilometer 130, juga ditargetkan dapat diselesaikan sebelum arus mudik Lebaran 2023," katanya pula.

Ia juga memastikan seluruh infrastruktur penunjang di jalan tol dalam keadaan baik, karena sudah dilakukan perbaikan, sehingga pihaknya berharap agar masyarakat lebih bijak dalam berkendara.

"Kalau berdasarkan evaluasi kami seluruh infrastruktur, dan layanan, semuanya dalam kondisi cukup. Untuk itu kami meminta kepada masyarakat agar bijak saat berkendara," kata dia lagi.

Kris juga mengimbau kepada masyarakat ketika akan melakukan perjalanan mudik Lebaran 2023, untuk mempersiapkan semuanya, baik kondisi kendaraan, bahan bakar maupun uang elektronik.

Selain itu, ketika memang terjadi kepadatan di tempat istirahat, maka bisa memanfaatkan tempat istirahat yang berada di luar tol, baik di Subang, Indramayu, Majalengka, dan Cirebon.

"Karena tarif yang dikenakan masih sama, ketika keluar ke jalur arteri dan balik lagi ke jalan tol," ujarnya.

Sedangkan untuk layanan keamanan dan kenyamanan telah disiapkan total 36 armada.

Ia menambahkan pada masa arus mudik dan balik Lebaran 2023, pihaknya menyiagakan petugas sebanyak 1.300 orang yang tersebar di jalur tol milik Astra Infra, serta 48 armada derek, 12 kendaraan rescue, 21 ambulans serta petugas call center yang selalu siaga 24 jam.

"Ada lebih dari 800 kamera pengintai atau CCTV yang terpasang di sepanjang jalan tol Astra Infra yang akan memantau kondisi trafik," katanya lagi.
Baca juga: Pengelola jalan Tol Cipali mulai kerjakan pelebaran jalan
Baca juga: Perlancar mudik, Astra Infra tambah parkiran rest area di Tol Cipali


 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023