Saya menerima kabar sangat sulit menentukan pemenang masing-masing kategori karena semua perusahaan yang masuk nominasi merupakan yang terbaik,"
Jakarta (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) meraih juara umum (Best of the Best) sekaligus berpredikat sebagai perusahaan milik negara terbaik dalam Anugerah BUMN 2012.

Malam Anugerah BUMN 2012 yang diselenggarakan Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Forum Humas BUMN, dan Majalah BUMN Track di Jakarta, Kamis malam, dihadiri Menteri BUMN Dahlan Iskan, serta dua mantan Menteri BUMN Tanri Abeng dan Sugiharto.

Dalam ajang tahunan bertema "Inovasi untuk Optimalisasi Kontribusi" tersebut, PT KAI menyisihkan 54 BUMN lainnya dengan memenangi juara pertama dalam dua kategori yaitu Inovasi Manajemen BUMN Terbaik, dan Inovasi Pelayanan Publik BUMN Terbaik.

Menteri BUMN Dahlan Iskan dalam sambutannya mengatakan bahwa pemenang dari semua kategori inovasi merupakan yang terbaik di antara yang terbaik.

"Saya menerima kabar sangat sulit menentukan pemenang masing-masing kategori karena semua perusahaan yang masuk nominasi merupakan yang terbaik," ujar Dahlan.

Pada kesempatan itu mantan Dirut PT PLN ini juga menjelaskan, bahwa melalui inovasi pula sejumlah BUMN yang seharusnya sudah mati dapat dihidupkan kembali.

"Ada beberapa BUMN yang sudah di "kamar mayat" PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA), namun bisa dibangkitkan kembali melalui proses restrukturisasi," tegas Dahlan.

Anugerah BUMN 2012 melombakan sebanyak 12 kategori yang didasarkan pada tiga aspek penilaian yaitu input, proses, dan output inovasi.

Pada kategori Inovasi Manajemen BUMN Terbaik, peringkat pertama diduduki PT KAI, disusul PT Garuda Indonesia, dan PT Inaport.

Kategori Inovasi GCG BUMN Terbuka Terbaik diraih PT Bank BNI, selanjutnya PT Telkom, dan PT Jasa Marga.

Kategori Inovasi GCG BUMN Non Terbuka BUMN Terbaik diraih Jamsostek, selanjutnya PT Pertamina dan Asabri.

Pemenang kategori Inovasi Produk Manufaktur BUMN Terbaik ditempati PT Inti, disusul Wijaya Karya dan PT Bio Farma.

Kategori Inovasi Produk Agrikultur dimenangi PTPN IV, disusul Petrokimia Gresik, dan PTPN XIII. Kategori Produk Jasa ditempati PT Pos Indonesia, PT KAI, dan PT Garuda Indonesia.

Kategori Invensi Teknologi Terbaik ditempati Batan Teknologi, selanjutnya BioFarma, dan PT LEN Industri. Adapun kategori Inovasi Aplikasi Teknologi Terbaik dijuarai oleh PT Wijaya Karya, disusul PT Pembangunan Perumahan, dan PT Telkom.

Pada kelompok Inovasi Sumber Daya Manusia di tempat pertama diduduki PT Telkom, disusul Bank Mandiri, dan Semen Gresik. Selanjutnya, pada kategori Inovasi Pelayanan Publik dimenangi PT KAI, disusul PT PLN dan Perum LKBN Antara.

Sementara kategori Inovasi Bisnis Global, ditempati PT Pertamina, selanjutnya BioFarma, dan Inaport.

Pada malam Anugrah BUMN Award 2012 itu juga ditentukan kategori CEO Terbaik yang dinobatkan kepada lima Direktur Utama BUMN, yaitu Dirut Telkom Arief Yahya, Dirut Garuda Indonesia Emirsyah Satar, Dirut KAI Ignasius Jonan, Dirut Pertamina Karen Agustiawan, dan Dirut Inaport RJ Lino.

(R017/E011)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012