Terkait harga kami memperkirakan sampai akhir 2025 ada kemungkinan akan naik sekitar 2-3 persen.
Jakarta (ANTARA) - Konsultan properti Colliers Indonesia mengungkapkan apartemen-apartemen jual (strata) yang terintegrasi dengan moda transportasi publik seperti MRT dan LRT dapat menarik calon pembeli terhadap proyek-proyek Transit Oriented Development (TOD).

"Apartemen-apartemen yang terintegrasi dengan moda transportasi publik dalam cakupan TOD seperti LRT dan MRT akan memberikan keyakinan bagi calon pembeli untuk tertarik pada proyek-proyek TOD," kata Head of Research Colliers Indonesia Ferry Salanto dalam paparan secara daring di Jakarta, Rabu.

Ferry juga memperkirakan pengembangan infrastruktur seperti MRT dan LRT, juga turut menjadi faktor yang mendorong kenaikan harga apartemen jual.

"Terkait harga kami memperkirakan sampai akhir 2025 ada kemungkinan akan naik sekitar 2-3 persen," katanya pula.

Colliers juga memperkirakan terdapat 11.625 unit apartemen jual yang akan selesai sejak kuartal kedua tahun ini hingga akhir 2025.

Sedangkan untuk apartemen sewa (service), Colliers memperkirakan terdapat tujuh proyek dengan total 1.110 unit yang akan beroperasi hingga akhir 2025 dengan mayoritas berlokasi di CBD.

Permintaan apartemen sewa diperkirakan akan tetap tumbuh positif terutama dari kalangan corporate travelers, seiring dengan dihapusnya kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Indonesia.

Dari sisi pasokan, Ferry mengatakan bahwa pada awal tahun ini akan terdapat sekitar 6.172 unit apartemen yang akan diserahterimakan.

"Kalau kita melihat pada tahun 2023 terlihat bahwa proyeksi pasokan apartemen yang masuk jumlahnya lebih tinggi dibandingkan tiga tahun sebelumnya dimana selama 2020 hingga 2022 merupakan masa pandemi COVID-19," katanya lagi.

Dia melihat sudah ada satu keyakinan (confidence) dari pengembang untuk berlanjut dengan proyek-proyeknya, sehingga para pengembang siap untuk melakukan serah terima atas unit-unit apartemen yang mereka bangun.

"Ini menandakan beberapa pengembang sudah mulai ada keyakinan bahwa pasar apartemen akan lebih baik," katanya pula.
Baca juga: Perumnas optimistis Mahata Tanjung Barat serah terima akhir 2020
Baca juga: Adhi Commuter Properti jembatani permasalahan apartemen

Pewarta: Suharsana Aji Sasra J C
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023