Tulang punggung ekonomi kreatif itu ada di UMKM, maka wajib untuk kita menjadi rojali yaitu rombongan yang jadi beli, bukan hanya rohali atau rombongan yang hanya lihat-lihat
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meresmikan bazar UMKM Ramadhan Fest 2023 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta yang menghadirkan ragam produk ekonomi kreatif mulai dari kuliner, kriya, hingga fesyen.

"Saya sangat mendukung kegiatan bazar Ramadhan ini karena menghadirkan berbagai produk UMKM. Masyarakat dapat mencari berbagai kebutuhan selama bulan Ramadan juga lebaran. Karena biasanya menjelang lebaran kita perlu baju baru, juga perlu bawa oleh-oleh untuk mudik lebaran," kata Menparekraf dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Sandiaga Uno menuturkan, ragam produk yang dihadirkan di bazar ini dapat menjadi pilihan bagi masyarakat dalam mencari kebutuhan lebaran berkualitas.

Di sisi lain, bazar ini juga menjadi ruang yang efektif bagi pelaku ekraf khususnya UMKM untuk memperluas pasar, meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadan menjadi peluang bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualan.

Kegiatan bazar ini diharapkan bisa memotivasi para pelaku usaha baik di tingkat kecil maupun menengah dan kembali untuk membangun serta mengembangkan usaha.

"Tulang punggung ekonomi kreatif itu ada di UMKM, maka wajib untuk kita menjadi rojali yaitu rombongan yang jadi beli, bukan hanya rohali atau rombongan yang hanya lihat-lihat," imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Sandiaga juga secara resmi menyelenggarakan kegiatan bakti sosial berupa pemberian tanda kasih kepada tenaga pengamanan/security, cleaning service, dan teknisi di lingkungan Kemenparekraf yang dilakukan dengan berkolaborasi bersama berbagai pihak.

Ia berharap bantuan yang diberikan dapat memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat.

"Kegiatan Dharma Wanita Persatuan ini tepat sasaran, dan bakti sosial hari ini tidak mungkin terjadi tanpa dukungan dari rekan-rekan semua," kata Sandiaga.

Baca juga: Sandiaga targetkan Rp150 triliun dampak ekonomi pada mudik Lebaran
Baca juga: Sandiaga minta masyarakat yang mudik berkontribusi ke ekonomi lokal
Baca juga: Menparekraf: Ramadhan pemicu utama 1,4 miliar pergerakan wisatawan

 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023