Jakarta (ANTARA) -
Tim nasional sepak bola Indonesia putra terhindar dari dua rival berat pada fase grup SEA Games 2023, setelah hasil drawing (undian) peserta yang dilakukan menghindarkan tim Garuda dari Vietnam dan Thailand, Rabu sore.
 
Indonesia justru menghuni Grup A yang di atas kertas cenderung ringan, yaitu akan menghadapi tuan rumah Kamboja, lalu Myanmar, Filipina, dan Timor Leste dalam fase grup. Sedangkan Vietnam, Thailand, dan Malaysia tergabung pada Grup B bersama Singapura dan Laos.
 
Masing-masing grup akan meloloskan dua tim teratas ke semifinal. Juara Grup A akan bertemu peringkat dua Grup B, sedangkan juara Grup B akan bertemu tim peringkat kedua Grup A pada babak empat besar.
 
Pada SEA Games 2023, masing-masing tim hanya dapat diperkuat pemain yang berusia di bawah 22 tahun. Hal itu berbeda dengan perhelatan cabang sepak bola pada SEA Games 2021 yang masih mengizinkan pemain dengan usia maksimal 23 tahun.
 
Untuk cabang sepak bola putri, timnas Indonesia mendapat lawan yang cukup berat pada fase grup yang undiannya dilakukan setelah tim putra.
 
Timnas sepak bola putri menduduki Grup A yang dihuni lima negara, yakni Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Malaysia. Sedangkan Grup B hanya dihuni empat tim yaitu Kamboja, Thailand, Singapura, dan Laos.
 
Timnas putri sudah lima kali berpartisipasi pada SEA Games yaitu pada 2001, 2003, 2005, 2011, dan 2019. Pencapaian terbaik timnas sepak bola putri di SEA Games adalah medali perak yang mereka amankan pada edisi 2011.

Berikut daftar peserta grup cabang olahraga sepak bola SEA Games 2023:
Putra
Grup A:
Indonesia
Kamboja
Myanmar
Filipina
Timor Leste
 
Grup B:
Vietnam
Malaysia
Thailand
Singapura
Laos
 
 
Putri
Grup A:
Vietnam
Filipina
Myanmar
Malaysia
Indonesia

Grup B:
Kamboja
Thailand
Singapura

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023