Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar bersama Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBJN) Kalimantan Timur sepakat kerja sama dalam rangka mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

Kesepakatan tersebut tertuang dalam penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara Ketua Pokja IKN Unhas Sakti Adjie Adisasmita dan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kaltim Junaidi yang disaksikan Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Bisnis dan Kewirausahaan Unhas Adi Maulana, di Makassar, Rabu.

Kepala BBJN Kaltim Junaidi menjelaskan tugas Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Kaltim mendukung tercipta konektivitas infrastruktur jalan di wilayah IKN.

"Salah satu tugasnya BBJN adalah dengan memastikan konektivitas jalan terbangun dengan baik sebagai infrastruktur dasar," ujarnya.

Baca juga: Tabalong kembangkan 10 kampung hortikultura jadi penyangga IKN

Pihaknya bukan hanya memastikan konektivitas jalan, tetapi juga diberikan beberapa tugas lain dalam beberapa bidang, seperti bandar udara dan pelabuhan.

Untuk memastikan infrastruktur dasar di IKN siap sebelum peresmian, kepala balai yang juga alumnus S3 Teknik Sipil Unhas ini, mengatakan pentingnya kerja sama dengan perguruan tinggi.

“Kami sangat senang karena tugas Balai Besar yang sangat luas ini membutuhkan dukungan dari perguruan tinggi dan kami percaya bahwa Unhas dengan Pokja IKN yang beranggotakan guru besar dan pakar dalam berbagai bidang mampu memberikan dukungan dengan kajian ilmiah untuk mengatasi persoalan yang kami hadapi di IKN," katanya.

Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Bisnis dan Kewirausahaan Unhas Adi Maulana mengatakan, Unhas berada di garda terdepan dalam mengawal pembangunan IKN.

"Bentuk dari keseriusan Unhas dalam mengawal IKN adalah pembentukan Pokja IKN melalui SK Rektor Unhas di awal tahun 2023. Kami akan maksimal dalam pembangunan IKN itu," katanya.

Ia menambahkan para anggota pokja terdiri atas empat klaster bidang ilmu, yaitu teknosains, agrocomplex, medical complex dan sosial humaniora yang semuanya beranggotakan guru besar dan ahli dalam bidang masing-masing. Pokja ini bertugas mengkaji isu yang terkait dengan pembangunan IKN.

"Dengan MoU ini, berarti pintu masuk kerja sama yang lebih operasional telah terbuka, terutama dalam bidang infrastruktur. Dalam waktu dekat, dilakukan penandatanganan beberapa kerjasama antara Balai Besar dan Pokja Unhas," katanya.

Menurut dia, secara umum kerja sama kedua pihak mencakup tridarma yaitu dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Baca juga: Menteri PUPR petakan potensi investasi bangun sekolah hingga RS di IKN
Baca juga: Presiden kumpulkan investor potensial di IKN usai Lebaran
Baca juga: Anggota DPR harap lahan IKN tidak timbulkan masalah ke depan

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023