Rute ini selain mendukung pariwisata, juga memperlancar dalam pengembangan IKN.
Manado (ANTARA) - Maskapai Super Air Jet melakukan ekspansi penerbangan langsung dengan rute Manado-Balikpapan pada pekan pertama April 2023.

GM PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado Minggus Gandeguai, di Manado, Sulawesi Utara (Sulut) Rabu, mengatakan Maskapai Super Air Jet secara resmi mulai mendarat perdana di Bandara Sam Ratulangi Manado dan disambut dengan water salute kedatangan.

"Super Air Jet dengan jenis pesawat Airbus 320-200 dengan nomor penerbangan IU 528 dan memuat 167 penumpang dari Balikpapan atau 93 persen dari kapasitas yang ada, dan penumpang ke Balikpapan 108 penumpang dengan jadwal kedatangan di pukul 14.25 dan berangkat di pukul 15.25 WITA," kata Minggus.

Peresmian dan pengguntingan pita untuk rute ini dilakukan oleh Wali Kota Manado Andrei Angouw, Sekprov Sulut Steve Kapel, Direktur Utama Super Air Jet Ari Azhari, GM PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado Minggus Gandeguai, forkopimda serta stakeholder lainnya.

Minggus menjelaskan dengan kedatangan pesawat Super Air Jet Airbus 320-200 adalah penerbangan perdana yang melayani rute Manado-Balikpapan (PP). Rute ini selain mendukung pariwisata, juga memperlancar dalam pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) dengan frekuensi terbang setiap hari atau tujuh kali seminggu.

Dengan dibukanya jam operasional 24 jam di Bandara Sam Ratulangi, ke depan harapannya Super Air Jet maupun Lion Air Grup dan Batik Air, bisa pula melayani Manado, Denpasar, untuk mendukung program pariwisata Sulut dan untuk rute Manado langsung ke Surabaya, serta mempermudah investor melakukan kegiatan ekonomi di Sulut.

Direktur Utama Super Air Jet Ari Azhari mengatakan Super Air Jet melayani Bandung, Balikpapan, dan berakhir ke Manado, sehingga dengan demikian menjadi suatu pilihan bagi penumpang yang akan ke Bandung selama ini melewati Jakarta.

Sekprov Sulut Steve Kapel memberikan apresiasi atas kerja sama dalam membuka penerbangan yang memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah.
Baca juga: Wagub: Kehadiran penerbangan Super Air Jet dukung pariwisata NTT
Baca juga: Kemenhub bakal inspeksi pesawat Super Air Jet yang alami gangguan AC


Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023