Ikan dengan Omega 3 tinggi tidak perlu impor karena ikan di perairan kita sendiri memiliki kandungan Omega 3 cukup tinggi, salah satunya ikan bandeng, kandungan Omega 3-nya mencapai 28 persen
Bandung (ANTARA) -
Anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono mendorong percepatan penurunan angka stunting di Indonesia, khususnya di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, yang saat ini angka stunting-nya mencapai 21 persen.
 
“Kami berharap masyarakat akan lebih memiliki lauk pauk ikan, karena kandungan proteinnya jauh lebih baik dari daging ataupun lauk pauk lainnya,” kata Ono dalam keterangan tertulisnya, di Bandung, Kamis.
 
Sebagai upaya mengajak warga Kabupaten Indramayu untuk gemar mengkonsumsi ikan, Ono menggelar acara Perluasan Safari Gemarikan, di Kecamatan Bongas Kabupaten Indramayu, bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI.
 
Ono mengatakan target dari pengentasan stunting itu sendiri adalah untuk membentuk generasi muda yang handal, dengan sasaran balita usia maksimal dua tahunan atau usia 1.000 hari terhitung sejak fase awal kehamilan, agar terbiasa mengonsumsi protein yang bersumber dari ikan.
 
Dengan begitu Ono berharap kerja sama yang baik antara pemerintah dan semua komponen masyarakat guna membudayakan makan ikan atau gemar ikan. “Dengan konsumsi ikan permasalahan stunting dapat tertanggulangi dan cita-cita membentuk generasi emas 2045 dapat terwujud,” kata Ono yang juga Ketua Umum Masyarakat Perikanan Nusantara (MPN).

Baca juga: Dirjen KKP: Konsumsi ikan cara termudah perangi stunting
 
Sementara itu Sekretaris Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing KKP Mahmud MSc mengatakan kegiatan ini dilakukan karena angka konsumsi ikan masyarakat Indonesia masih rendah, sehingga digagas budaya makan ikan pada masa kepemimpinan Presiden Megawati. 
 
"Kemudian dalam perjalanannya stunting menjadi salah satu permasalahan di negara kita, sehingga mendapat perhatian serius Presiden Joko Widodo, dimana penyebab dari stunting itu sendiri akibat kurangnya asupan protein dan gizi," ujarnya.
 
Untuk itu pihaknya juga melakukan upaya peningkatan asupan nutrisi, salah satunya makan ikan, dengan sosialisasi kepada masyarakat melalui Perluasan Safari Gemarikan.
 
Stunting itu sendiri adalah gangguan pertumbuhan secara fisik dan otak akibat kekurangan protein dan gizi,” ujarnya.
 
Mahmud juga mengatakan salah satu kandungan gizi dari ikan adalah Omega 3 yang bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan. Untuk mendapatkan ikan dengan kandungan Omega 3 yang cukup tinggi, kata dia, tidak perlu mengkonsumsi ikan impor, tetapi ikan di perairan Indonesia sendiri kaya akan Omega 3.
 
“Ikan dengan Omega 3 tinggi tidak perlu impor karena ikan di perairan kita sendiri memiliki kandungan Omega 3 cukup tinggi, salah satunya ikan bandeng, kandungan Omega 3-nya mencapai 28 persen,” ujarnya.

Baca juga: Dirjen KKP: Jangan sepelekan komoditas ikan lele untuk konsumsi
Baca juga: KKP tingkatkan konsumsi ikan melalui diversifikasi olahan produk

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023