sudah menunggu sejak lama  festival bedug ini.
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Timur menggelar Festival Bedug Tahun 2023 dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan.

 "Kegiatan kami gelar untuk melestarikan dan mengembangkan instrumen bedug di masyarakat," kata Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar ketika membuka Festival Bedug di Cakung, Jakarta Timur, Kamis.

Bedug merupakan instrumen musik tradisional yang telah digunakan sejak ribuan tahun lalu yang memiliki fungsi sebagai alat komunikasi tradisional dan mempunyai fungsi estetika dalam pengembangan dunia kreatif, konsep, dan budaya material musikal, jelas Anwar.

Anwar mengatakan  Festival Bedug.diikuti 20 tim peserta dari 10 kecamatan..

Menurut Anwar, kegiatan Festival Bedug yang setiap tahun rutin dilaksanakan ini untuk menegakkan syiar Islam dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

"Ini juga sebagai penyemarak menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah," tuturnya.

Dia berharap kegiatan ini tidak hanya sebagai tontonan tapi dapat menjadi tuntunan di Bulan Suci Ramadhan.
Seorang peserta tengah unjuk kebolehan menabuh bedug saat mengikuti Festival Bedug Tahun 2023 di Kantor Wali Kota Jaktim, Cakung, Kamis (6/4/2023). ANTARA/Syaiful Hakim

Salah satu peserta Festival Bedug, Darko dari grup Rambutan Bedug Art mengaku  sudah menunggu sejak lama  festival bedug ini.

"Terakhir festival bedug diselenggarakan pada 2019. Kami dari petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) belum berhasil menang, sehingga tahun ini kami ikut lomba lagi," katanya.

Menurut dia, persiapan untuk mengikuti lomba ini cukup singkat, yakni dua minggu. Kendati demikian, pihaknya sudah mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk variasi menabuh bedug.

Peserta terdiri atas petugas PPSU, warga dan majelis taklim yang berada di wilayah Jakarta Timur. Peserta nantinya akan memperebutkan hadiah dengan total mencapai puluhan juta rupiah.
Baca juga: Pengusaha hiburan malam di Jakbar patuhi ketentuan selama Ramadhan
Baca juga: Minyakita dijual Rp14 ribu di Bazar Ramadhan Jakarta Barat
Baca juga: Bansos kapolri sasar warga di enam kecamatan Jakarta Utara

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023