Kami ingin penginapan nonbintang ini bisa naik kelas.
Medan (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara (Disbudpar Sumut) mendorong para pemilik hotel atau penginapan nonbintang untuk meningkatkan kualitas usahanya terutama dari segi pelayanan demi menarik minat wisatawan.

"Kami ingin penginapan nonbintang ini bisa naik kelas," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara (Sumut) Zumri Sulthony, di Medan, Kamis.

Zumri melanjutkan, pihaknya melakukan beberapa cara untuk mendongkrak mutu penginapan-penginapan tersebut.

Salah satunya adalah dengan terjun langsung ke lokasi-lokasi wisata, dengan penduduk setempat kerap membuka "homestay" untuk pelancong.

"Kami mengadakan pendampingan di desa-desa wisata itu, khususnya untuk usaha 'homestay'," kata Zumri.

Pada Senin (3/4), Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumut menyatakan bahwa wisatawan yang datang ke Sumut kurang meminati hotel atau penginapan nonbintang saat berada di provinsi beribu kota Medan itu.

Pada Februari 2023, misalnya, mayoritas wisatawan di Sumut memilih untuk menginap di hotel berbintang dengan pilihan terbanyak di hotel bintang empat (65,54 persen), lalu bintang lima (60,96 persen), bintang tiga (43,90 persen), bintang dua (33,98 persen) dan, terakhir, bintang satu (28,31 persen).

Tingkat penghunian kamar (TPK) hotel berbintang itu naik dari 42,59 persen pada Januari 2023 menjadi 47,5 persen pada Februari 2023.

Masih di Februari 2023, penginapan nonbintang hanya diminati 24,67 persen pelancong. Jumlah tersebut menurun dari bulan sebelumnya yakni 28,57 persen dan lebih rendah dari bulan Februari tahun 2022 (28,61 persen).

"Itu indikator bahwa pelayanan dan fasilitas menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih hotel. Dengan demikian, itu menjadi tantangan bagi hotel nonbintang untuk meningkatkan layanan dan terobosan," kata Kepala BPS Provinsi Sumut Nurul Hasanudin.

Jumlah wisatawan khususnya wisatawan mancanegara yang datang ke Sumut terus meningkat.

Jumlah turis asing yang datang ke Sumut naik 6,51 persen pada Februari 2023 dibandingkan bulan sebelumnya. Pada Januari ada 14.195 wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia, sementara pada Februari 2023 ada 15.119 turis yang datang ke Sumut.
Baca juga: PHRI sebut hunian kamar hotel di Sumut turun lagi
Baca juga: Tingkat hunian kamar hotel di Parapat Sumut masih tinggi

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023