Surabaya (ANTARA) - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mensosialisasikan penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) yang pendaftarannya  dibuka sejak 23 Maret sampai 14 April 2023.

"Kuota Unesa khusus jalur SNBT yaitu 40 persen atau sebanyak 9.166 mahasiswa baru," kata Kepala Sub Direktorat Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa Unesa Dr Sukarmin, M.Pd., di Surabaya, Kamis.

Dosen FMIPA itu menambahkan daya tampung penerimaan mahasiswa baru tersebut memberikan peluang besar kepada para peserta jalur SNBT atau UTBK. "Namun, sebelum mendaftar SNBT, peserta harus memperhatikan beberapa hal agar peluang lolosnya semakin besar," katanya.

Baca juga: Unesa berikan beasiswa kuliah gratis bagi pemain Timnas U20

Baca juga: Unesa luncurkan aplikasi khusus disabilitas


Sukarmin menjelaskan bahwa Unesa memiliki 76 Prodi yang tersebar di delapan fakultas, yaitu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH), Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK), dan Fakultas Vokasi.

Dari jumlah itu, Prodi yang bersaing pada jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) kemarin dan bisa menjadi referensi peserta untuk memilih Prodi di jalur tes (SNBT), yaitu Manajemen, Psikologi, PGSD, Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Hukum, Gizi, Teknik Informatika, Bisnis Digital, dan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan.

Sementara Prodi yang persaingannya terbilang landai dan sangat berpeluang di jalur tes SNBT, yaitu, Manajemen Olahraga, Kepelatihan Olahraga, Pendidikan Bahasa Jerman, Seni Rupa Murni, Seni Musik, Sastra Jerman, Pendidikan Teknik Bangunan, Fisika, Pendidikan Teknik Elektro, dan Pendidikan Bahasa Mandarin.

Terkait ketentuan pemilihan Prodi jalur SNBT, yaitu setiap peserta diperbolehkan memilih dua program studi pada satu PTN atau masing-masing satu Prodi pada dua PTN yang berbeda.

Baca juga: Unesa tambah daya tampung mahasiswa baru

Baca juga: Unesa kukuhkan empat guru besar baru


"Pilihlah Prodi yang sesuai latar belakang waktu SLTA, sesuai minat-bakat dan sesuai kemampuan," ujar Sukarmin.

Sebagai referensi dalam mempersiapkan diri, materi tes UTBK jalur SNBT meliputi, Pertama, Tes Potensi Skolastik (TPS), mengukur kemampuan kognitif.

Tes ini mengukur empat aspek, yaitu kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif yang mencakup pengetahuan dan penguasaan matematika dasar, pengetahuan dan pemahaman umum, dan kemampuan memahami bacaan dan menulis.

"Selamat mendaftar di Unesa dan jangan lupa persiapkan diri dengan baik ya adik-adik semuanya. Semoga hasilnya nanti sesuai harapan dan kita bisa bertemu di Kampusnya Para Juara," tutur Sukarmin.

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023