Jakarta (ANTARA) - Manajer sekaligus mantan pebalap motor Shane "Shakey" Byrne berharap juniornya Bradley Ray (Yamaha Motoxracing) bisa tampil kompetitif di World Superbike (WSBK) perdananya yang akan bergulir di Sirkuit Assen, Belanda, 21-23 April.

"Dia mengambil langkah besar ke WSBK. Ini kejuaraan yang sulit, sangat ketat, dan kompetitif. Itu tidak akan mudah, namun dia adalah seorang juara British Superbike -- yang bukan tanpa alasan. Dia menyatu dengan Yamaha dari putaran cepat yang dia dapatkan dan mudah-mudahan bisa menyatu dengan spesifikasi WSBK," kata Byrne dikutip dari keterangan resmi WSBK, Jumat.

"Mudah-mudahan dia datang ke WSBK dengan motor dan tim yang sangat bagus dari Yamaha," ujarnya menambahkan.

Adapun Ray telah melakukan tes dan persiapan WSBK di Sirkuit Barcelona-Catalunya. Pebalap Inggris itu sebelumnya menyelesaikan tes dua hari di MotorLand Aragon serta di Autodromo Internacional do Algarve pada akhir Januari.

Baca juga: Bradley Ray siap bersaing di WSBK 2023 bersama Yamaha

Namun demikian, persiapan Ray tampil di WSBK tidak sepenuhnya mulus. Ia sempat mengalami masalah teknis yang cukup menghambatnya di Aragon dan terlibat insiden kecelakaan saat melakukan tes di Barcelona.

Adapun Ray melewatkan WSBK putaran Australia dan Indonesia karena mengikuti program pengujian awal tahun. Kondisi tersebut bukan merupakan hal yang asing mengingat tim Yamaha Motoxracing juga melakukan hal yang sama pada 2022.

Musim perdana Ray akan dimulai di putaran Belanda yang sebelumnya pernah ia jajal saat berlaga di ajang balap motor lain.

Selain pernah berkompetisi di British Superbike, Ray juga memiliki pengalaman di beberapa trek di kalender WorldSBK melalui kelas balapan lain seperti MotoGP Rookies Cup, CEV Moto2, dan CEV Moto3.

Ray juga memiliki pengalaman WorldSBK pada 2018 ketika menjadi wildcard dengan Buildbase Suzuki di Donington Park di mana dia mencetak poin di kedua balapan tersebut.

Baca juga: Loris Baz sebut pemulihan cedera tunjukkan kemajuan jelang WSBK Assen
Baca juga: Vierge makin siap hadapi WSBK Assen dengan peningkatan di Honda

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023