Pontianak (ANTARA) - Untuk ketiga kalinya, Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat, kembali meraih predikat Kota Tertoleran di Indonesia Tahun 2022.

Hal ini berdasarkan penilaian dari SETARA Institute yang merilis laporan Indeks Kota Tertoleran (IKT) Tahun 2022. Penghargaan kota tertoleran tersebut diterima langsung Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro di Jakarta.

"Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang selama ini telah berkontribusi secara nyata dalam mewujudkan rasa persaudaraan, nilai-nilai kedamaian, harmoni dan hidup berdampingan secara damai di Kota Singkawang,” kata Sumastro di Singkawang, Jumat.

Dia mengatakan, predikat kota tertoleran yang diraih untuk ketiga kalinya itu dipersembahkan kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Singkawang yang telah mampu menjaga nilai-nilai persaudaraan, sehingga kita mampu membuktikan sebagai kota toleran dan menjadi contoh bagi kehidupan sesama warga yang ada di rumah besar Kota Singkawang.

Baca juga: Bamusi siap kawal Surabaya sebagai kota toleran

Baca juga: Magelang masuk 10 besar kota paling toleran di Indonesia


“Anugerah ini sekaligus menjadi tanggung jawab bagi kita semua untuk terus untuk menjaga nilai-nilai ekosistem toleransi di Kota Singkawang yang dinamis, terus produktif, berkembang dalam bingkai keberagaman namun tetap dalam satu Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi bagian dari nilai kehidupan kita,” ujarnya.

Terima kasih atas dukungannya dan teruslah berbuat nyata, harmoni dan terus menjaga nilai-nilai kesetaraan yang dinamis di Kota Singkawang,” ajaknya.

Terdapat 10 kota yang meraih skor toleransi paling tinggi dari 94 kota yang menjadi objek kajian. Indeks Kota Toleran 2022 merupakan laporan keenam SETARA Institute sejak 2015, 2017, 2018, 2020 dan 2021.

Hasilnya, Kota Singkawang, Kalimantan Barat kembali menjadi kota paling toleran di Indonesia versi SETARA Institute dengan skor 6,583. Pada tahun 2021, Singkawang juga menempati posisi pertama kota paling toleran dengan skor 6,483.

Adapun 10 kota paling toleran di Indonesia versi SETARA antara lain: Singkawang, Kalimantan Barat dengan skor akhir 6,583.

Salatiga, Jawa Tengah dengan skor akhir 6,417
Bekasi, Jawa Barat, dengan skor akhir 6,080
Surakarta, Jawa Tengah, dengan skor akhir 5,883 Kediri, Jawa Timur, dengan skor akhir 5,850 Sukabumi, Jawa Barat, dengan skor akhir 5,810.

Kemudian, Semarang, Jawa Tengah, dengan skor akhir 5,783, Manado, Sulawesi Utara, dengan skor akhir 5,767 Kupang, Nusa Tenggara Timur, dengan skor akhir 5,687 Magelang, Jawa Tengah, dengan skor akhir 5,670.*

Baca juga: Singkawang jadi kota paling toleran 2021 versi Setara Institute

Baca juga: Wakil Wali Kota singgung Surabaya 10 besar kota toleran se-Indonesia

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023