Jakarta (ANTARA) - Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja, Lexyndo Hakim, mengatakan kagum dengan persiapan para atlet dan tim cabang olahraga aquathlon, duathlon, dan triathlon jelang pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara itu.

Mengutip keterangan resmi yang diterima di Jakarta Jumat, di SEA Games 2023 Kamboja, aquathlon, duathlon, dan triathlon akan mengirimkan 10 atlet, yang terdiri dari 5 putra dan 5 putri. Skuad aquathlon, duathlon, dan triathlon Merah-Putih ditargetkan menyumbangkan 3 emas, 4 perak, dan 5 perunggu.

Pada SEA Games Vietnam tahun lalu, triathlon mampu memberikan 2 perak dan 3 perunggu, sedangkan duathlon sanggup mendulang 1 perak dan 1 perunggu, sementara aquathlon tidak dipertandingkan.

Lexy yang juga Ketua Perbasi DKI itu pun mengapresiasi pencapaian para atlet yang sudah mempersembahkan medali di SEA Games Vietnam. Ia sangat yakin triathlon, aquathlon, dan duathlon bisa meraih prestasi terbaik usai melihat langsung persiapan matang yang dilakukan oleh tim pelatih serta ofisial.

Baca juga: CdM masih tunggu kepastian terkait kontingen Indonesia di SEA Games

"Dan tentunya di SEA Games Kamboja nanti teman-teman bisa berjuang dengan fisik dan mental terbaik untuk bisa merebut emas kembali, ditambah dengan semangat mengumandangkan Indonesia Raya. Jangan lupa berdoa meminta yang terbaik. Dengan begitu kita akan menunjukkan bahwa kalian bisa meraih prestasi tertinggi," kata Lexy.

"Selain itu, saya yakin dengan apa yang sudah kalian lakukan selama latihan dan apa yang diberikan tim pelatih, official dan federasi adalah yang terbaik. Itu semua untuk mempersiapkan kalian melampaui capaian di SEA Games sebelumnya," imbuhnya.

Pada waktu yang sama, Deputi II Tim CdM, Ibu Riza Patria juga mengunjungi pelatnas Traditional Boat Race (TBR) di Waduk Jatiluhur, Purwakarta.

TBR merupakan nomor perlombaan dayung yang sebelumnya tidak dipertandingkan di SEA Games 2022 Vietnam, dan diharapkan dapat menyumbangkan medali untuk Indonesia di Kamboja.

Baca juga: CdM SEA Games rasakan aura optimisme di timnas U-22
Baca juga: Bola voli putra Indonesia terhindar dari grup neraka SEA Games 2023


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023