Terdapat penurunan lahan kritis yang signifikan dari kegiatan yang dilaksanakan melalui program revolusi hijau...
Banjarmasin (ANTARA) -
Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Fathimatuzzahra menyatakan Gerakan Revolusi Hijau yang digagas Gubernur Kalsel Sahbirin Noor berhasil menurunkan ratusan ribu hektare lahan kritis hingga 2022 di provinsi itu.

Menurutnya, di Banjarbaru, Jumat, Gerakan Revolusi Hijau yang digagas Gubernur Kalsel sejak 2017 yaitu menanam, menanam, dan menanam, untuk anak cucu nantinya secara kontinyu dilakukan hingga 2023 ini.
 
Ia mengatakan luas lahan kritis di Provinsi Kalsel pada 2013 tercatat 640.000 hektare dan 2018 tercatat 511.000 hektare, serta pada 2022 tercatat berdasarkan rilis dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) luas lahan kritis di Kalsel 450.800 hektare.
 
"Terdapat penurunan lahan kritis yang signifikan dari kegiatan yang dilaksanakan melalui program revolusi hijau yang dicanangkan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang juga dibantu dengan kegiatan pendukung lainnya," kata Fathimatuzzahra.

Baca juga: Dishut Kalsel menggelorakan "Revolusi Hijau"
 
Pihaknya mempunyai target penanaman revolusi hijau setiap tahunnya yaitu, seluas 20 hektare lebih dan paling besar mencapai seluas 32 hektare. Kegiatan menanam, lanjutnya, sebagai upaya untuk menjaga kelestarian serta keseimbangan sumber daya alam, sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.
 
“Kami akan memaksimalkan penanaman agar bisa tercapai target di tahun ini dan penyediaan bibit di setiap Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) akan diupayakan, sehingga program gerakan revolusi hijau bisa tercapai, guna mengurangi lahan kritis dan menambah tutupan lahan," katanya.
 
Fathimatuzzahra mengatakan Gerakan Revolusi Hijau mendukung penuh Indonesia’s FOLU Net Sink 2030 KLHK dalam pengurangan emisi karbon. Karena itu, 
penanaman pohon salah satu program unggulan pemerintah perlu mendapat dukungan dari seluruh komponen masyarakat.
 
"Maka dari itu semua pihak agar bisa berpartisipasi menggencarkan Gerakan Revolusi Hijau dalam upaya pelestarian lingkungan," ucapnya.

Baca juga: Gubernur Kalsel dapat penghargaan Kemen-LHK pada hari menanam pohon
Baca juga: Kalsel rehabilitasi 30 ribu hektare hutan per tahun

Pewarta: Sukarli
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023