Lahan seluas 23 hektare ini akan ditanami sebanyak 25.000 bibit pohon.....
Banjarmasin (ANTARA) - Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan (Dishut Kalsel) menggelorakan program "Revolusi Hijau" yang dicanangkan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dengan menanam pohon bersama di lingkungan lahan Pemprov Kalsel samping Lapangan Golf SwargaLoka.

Berdasarkan keterangan tertulis Dinas Kehutanan Kalsel, di Banjarbaru, Jumat, menyampaikan lahan tanah pemprov yang dijadikan lokasi penanaman tersebut merupakan lahan tidur milik Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel.

Kini lahan tersebut sudah ditanami pohon jenis pulai sebanyak 3.000 batang bertepatan dengan peringatan Hari Bakti Rimbawan.

Sesuai instruksi Gubernur Sahbirin, Kepala Dinas Kehutanan Kalsel Fathimatuzzahra mengatakan lahan tersebut dikelola Dinas Kehutanan untuk ditanami dan dipelihara.

“Ini nantinya ditambah jenis keragaman, menyesuaikan kondisi lahan yang ada dan akan ditanam secara bertahap, dan diharapkan akan menjadi areal kedua Forest City selain yang ada di lingkungan perkantoran Setda Kalsel,” ujar Fathimatuzzahra.

Lahan seluas 23 hektare ini akan ditanami sebanyak 25.000 bibit pohon dengan jenis pulai, belangeran, jelutung, dan kayu putih.

Fathimatuzzahra menuturkan kegiatan penanaman untuk mempertahankan dan meningkatkan tutupan lahan di Kalsel, serta mengendalikan perubahan iklim guna mendukung Net Zero Emission melalui Indonesia’s FOLU Net Sink (IFNS) 2030.

Saat ini, Pemprov Kalsel sudah memiliki Forest City Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia (TH2TI) di kawasan perkantoran setda yang diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Fathimatuzzahra menuturkan lahan tersebut dengan kondisi tanaman yang sudah tinggi dan dijadikan proyek percontohan program penghijauan lingkungan nasional oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Selain itu, kawasan yang sangat asri ini juga memberikan kenyamanan suasana sekitar dan sering dimanfaatkan warga sebagai lokasi kegiatan bersantai keluarga maupun berolahraga pada pagi dan sore hari.
Baca juga: Dishut Kalsel tutup seluruh jalur angkutan penebangan tanpa izin
Baca juga: Pemprov Kalsel siap laksanakan Program Persemaian 10 Juta Bibit KLHK

Pewarta: Imam Hanafi/latif
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023