Shanghai (ANTARA) - Mesin pencari China Baidu telah mengajukan gugatan hukum terhadap Apple Inc dan pengembang aplikasi chatbot Ernie palsu yang bisa diunduh di App Store milik Apple.

Ernie, yang dirancang dengan kecerdasan buatan (AI) milik Baidu dan diluncurkan pada Maret, digadang-gadang sebagai chatbot pesaing ChatGPT yang dikembangkan oleh AS.

Chatbot adalah program yang dirancang dengan AI agar komputer dapat meniru percakapan manusia melalui pesan teks atau suara.

Baidu mengatakan mereka telah mengajukan gugatan ke Pengadilan Rakyat Haidian di Beijing terhadap pengembang aplikasi palsu Ernie dan Apple.

"Saat ini, Ernie tidak memiliki aplikasi resmi," kata Baidu dalam pernyataan pada Jumat lewat akun resmi "Baidu AI" di WeChat.

Baidu juga mengunggah foto dokumen pengajuan gugatan di pengadilan.

"Sampai ada pengumuman resmi dari perusahaan kami, aplikasi Ernie yang Anda lihat di App Store atau toko-toko lainnya adalah palsu," tulis pernyataan itu.

Apple belum menanggapi permintaan untuk berkomentar.

Penelusuran Reuters pada Sabtu menemukan bahwa setidaknya masih ada empat aplikasi yang menggunakan nama bot Ernie dalam bahasa Mandarin, semuanya palsu, di App Store Apple.

Bot Ernie hanya bisa dipakai oleh pengguna yang mengajukan diri dan menerima kode akses.

Dalam pernyataannya, Baidu juga memperingatkan orang-orang untuk tidak memperjualbelikan kode akses tersebut.

Sumber: Reuters

Baca juga: Baidu China batalkan peluncuran publik untuk produk mirip ChatGPT

Baca juga: Baidu akan luncurkan bot mirip ChatGPT, ERNIE Bot

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023