Kami pastikan dengan produksi saat ini yaitu 140 ribu barel per hari, ketersediaan BBM aman
Indramayu (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional Unit VI Balongan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, menjamin pasokan bahan bakar minyak (BBM) selama arus mudik balik pada libur Lebaran 2023 aman dan cukup serta produksi bisa ditambah bila dibutuhkan.

"Kami pastikan dengan produksi saat ini yaitu 140 ribu barel per hari, ketersediaan BBM aman," kata Manager Communication, Relation & CSR Kilang Balongan Zulkifli di Indramayu, Senin.

Menurutnya, selama masa mudik dan balik libur Lebaran 2023, dapat dipastikan produksi BBM memenuhi kebutuhan yang ada, bahkan ketika permintaan itu lebih meningkat, maka kapasitas produksi pun bisa ditambah lagi.

Zulkifli menjelaskan saat ini, Pertamina Kilang Balongan memproduksi BBM dan avtur untuk memenuhi kebutuhan di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah bagian barat, namun pasokan terbesar ke DKI Jakarta hingga 88 persen.

Baca juga: Pertamina pastikan kesiapan Kilang Balongan dukung Satgas RAFI 2023

Baca juga: Bisnis pengolahan dan petrokimia Pertamina lampaui target 2022


Ia menjelaskan kapasitas produksi maksimal di Pertamina Kilang Balongan bisa digenjot hingga 150 ribu barel per hari karena  keberhasilan pelaksanaan major turn around atau proyek pemeliharaan kilang.

"Sebelum ada pemeliharaan produksi kami itu 125 ribu barel per hari, tapi kini maksimum bisa memproduksi 150 ribu barel per hari," tuturnya.

Untuk itu, lanjut Zulkifli, pihaknya meminta masyarakat tidak hawatir dengan ketersediaan BBM termasuk avtur, karena dapat dipastikan ketersediaannya mencukupi dan terjaga.

Selain itu, selama masa arus mudik dan balik Lebaran 2023 produksi kilang tidak akan terganggu mengingat pekerja juga bekerja dengan maksimal untuk memenuhi kebutuhan.

"Semua pekerja memiliki hak cuti, namun oleh atasannya akan diatur, agar proses produksi bisa berjalan baik," katanya.

Baca juga: Pertamina Balongan Indramayu pastikan pasokan BBM ke Plumpang lancar

Baca juga: Pertamina Papua: Penyaluran BBM normal setelah kondisi keamanan stabil


 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023