Uji coba tahap pertama ini dilakukan untuk mengetahui kestabilan posisi badan rel dan listrik aliran atas...
Bogor (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia, Selasa (11/12) sore melakukan uji coba rel ganda yang amblas diantara Stasiun Cilebut dan Bojonggede dengan menggunakan satu rangkaian kereta api listrik.

"Uji coba tahap pertama ini dilakukan untuk mengetahui kestabilan posisi badan rel dan listrik aliran atas," kata Kepala Humas PT KAI (Persero) Daops 1 Jakarta, Mateta Rijalulhaq saat ditemui di lokasi, Senin petang.

Uji coba rel ganda akan dilakukan sekitar pukul 19.00 WIB setelah maghrib.

PT KAI telah menyiapkan satu rangkaian kereta dari Stasiun Bojonggede yang akan digerakkan menuju Cilebut.

Menurut Mateta, uji coba akan dilakukan selama beberapa kali hingga diketahuai kestabilan jalur, dengan listrik aliran atas sesuai.

Uji coba tahan pertama juga untuk memastikan kepadatan jalur rel kereta dan kedudukan jarak koprel (kepala rel) dengan listrik aliran atas.

Seperti uji coba sebelumnya, kereta akan melaju diatas rel dengan kecepatan lima km per jam di sepanjang rel yang amblas tersebut.

Sementara itu, dilokasi longsoran rel, petugas PT KAI terlihat bersiap-siap untuk melakukan uji coba.

Petugas terus mematangkan kesiapan rel dan mengukur posisi Listrik Aliran Atas setiap meternya.

Sebuah mesin pengeras badan jalan rel juga masih dioperasikan di atas rel untuk mematangkan kondisi badan rel.

Uji coba rel ganda Cilebut ini juga mendapat perhatian sejumlah warga yang datang ke lokasi untuk melihat langsung proses uji coba rel pasca amblasnya rel karena longsor.

Beberapa warga terlihat melintasi rel yang telah disambungkan kembali. Dan beberapa orang lainnya terlihat menungu di sisi kanan dan kiri rel untuk melihat dari jauh proses uji coba.
(KR-LR)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012