Indramayu (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat menggelar inspeksi keselamatan kendaraan umum di terminal daerah tersebut, untuk memastikan kelaikannya menghadapi masa angkutan Lebaran 2023.

"Kami melakukan 'ram chak' (inspeksi keselamatan) kendaraan umum, seperti bus dan travel untuk memastikan kelaikannya," kata Kapolres Indramayu AKBP Fahri Siregar di Indramayu, Senin.

Fahri mengatakan pengecekan kendaraan umum dilakukan berkala, terutama menjelang angkutan Lebaran 2023 agar masyarakat yang ingin menggunakan jasanya bisa terlindungi.

Pengecekan dilakukan mulai dari kondisi ban, lampu sein, wiper, lampu utama, rem, kelengkapan surat-surat, dan lain sebagainya, terutama yang berkaitan dengan perjalanan.

"Para penguji sudah melakukan pengujian dan sampai saat ini lengkap semua serta laik digunakan," tuturnya.

Selain melakukan pengecekan kendaraan kata Fahri, pihaknya juga memeriksa kesehatan para pengemudi, karena mereka harus dalam kondisi prima ketika mengendarai bus maupun travel.

Menurutnya para pengemudi juga dilakukan tes urine, agar bisa diketahui apakah mereka mengonsumsi narkoba, obat terlarang, atau minuman keras.

Dari hasil pengecekan mereka dipastikan tidak mengonsumsi obat-obatan maupun minuman keras, sehingga para pengemudi diperbolehkan melanjutkan perjalanan.

"Pengecekan sampai mendekati mudik lebaran, kita akan terus melakukan pengujian kendaraan dan juga pengemudi," katanya.

Tidak hanya secara langsung, pihaknya juga melakukan pengecekan melalui aplikasi, agar keselamatan masyarakat atau penumpang bisa terjamin.

"Kami juga melakukan cek kelaikan kendaraan secara berkala, dan juga melalui aplikasi, semua itu dilakukan guna meminimalisir hal yang tidak diinginkan," katanya.

Baca juga: Organda Bengkulu umumkan harga tiket bus angkutan mudik
Baca juga: Jalur mudik Lebaran 2023 di Kulon Progo-DIY ditinjau Penjabat Bupati
Baca juga: Erick Thohir imbau pemudik gunakan kereta api dan pesawat

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023